Pinjammodal.id – Tak terasa bulan ramadan sebentar lagi tiba. Ramadan adalah bulan penuh berkah dimana umat muslim melaksanakan ibadah puasa dan berlomba-lomba melakukan kebaikan selama 30 hari.

Namun, ramadan tahun ini akan terasa sangat berbeda semenjak terjadinya wabah virus corona (covid19). Tantangan puasa tak lagi cuma menahan diri dari godaan makan dan minum, tetapi juga harus membiasakan diri untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

Urusan mengelola uang di tengah pandemi corona juga menjadi tantangan tersendiri. Terlebih dampak dari pandemic covid 19 ini membuat krisis ekonomi masyarakat. Dan finansial keluarga jadi tak beraturan.

Dibulan Ramadan ini, semestinya kita bisa berhemat karena tidak ada makan siang, ditambah jika kita masih Work From Home. Ada baiknya kita harus menghemat dan mencari cara untuk mengatur finansial keluarga.

Namun, tak semua orang mengetahui cara mengelola dana dengan baik lantaran belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Plus, hal ini bisa diperparah dengan sifat mudah tergiur diskon. Misalnya, kamu lagi iseng cuci mata di aplikasi belanja online, lalu lihat barang ‘incaran’ lagi diskon. Tiba-tiba kamu jadi tak sabar, langsung beli tanpa berpikir apakah kamu butuh barang tersebut atau tidak.

Ada baiknya di bulan Ramadan dengan kondisi di rumah saja nanti kita semua mengetahui cara menjaga finansial  agar tetap sehat. Simak 3 cara praktis mengatur dana edisi Ramadan di kala pandemi covid19 berikut ini. 

1. Buat Anggaran Belanja Bulanan

Buat anggaran khusus untuk membeli kebutuhan pokok atau makanan selama satu bulan.Terapkan strategi belanja smart yakni membuat daftar belanja. Catatlah semua kebutuhan selama 1 bulan, seperti kebutuhan pokok, asupan makanan dan kesehatan hingga alat-alat pembersih rumah.

Lalu, bagi daftar belanjaan tersebut menjadi dua bagian yaitu belanja mingguan (misalnya, sayur-sayuran, lauk-pauk dan buah-buahan) dan belanja bulanan (beras, minyak goreng, gula, kopi, snacks, dan kawan-kawannya). Kemudian, berilah tanda pilihan disampingnya daftar belaja seperti beli online atau offline.

Ingat ya, strategi ini terkesan sederhana namun efektif untuk mengetahui kebutuhan hidup selama masa beraktivitas di rumah saja. Coba lakukan hal ini, dan rasakan perbedaannya. Kamu akan terhindar dari sifat impulsif dan boros ketika terbiasa belanja berdasarkan daftar belanjaan.

2. Buat Bujet Belanja Persiapan Lebaran

Siapkan bujet khusus berbagi kado untuk keluarga

Bulan puasa ini kamu sepertinya harus lebih bersabar dan menahan diri untuk tidak mudik dulu. Namun, bukan berarti kamu tak bisa melakukan persiapan lebaran. Ingat ya, bulan ramadan gudangnya sale atau diskon besar-besaran di berbagai toko online dan offline. Kamu bisa tetap belanja online untuk berbagi hadiah lebaran dengan keluarga walaupun kamu belum bisa pulang kampung.

Lakukan ini: Biar kamu tidak khilaf, buat daftar belanja dan tentukan bujet. Misalnya, bujet beli kado lebaran untuk orang-tua seperti perlengkapan sholat Rp300.000 – Rp700.000, bujet beli parsel sembako untuk keuarga Rp500.000 – Rp1 juta, hingga bujet berbagi kado untuk keponakan Rp300.000- Rp500.000 dan lain sebagainya. 

3. Jangan Lupa Sedekah dan Zakat

Lakukan sedekah online selama covid19 

Poin yang satu ini jangan sampai dilupakan di bulan Ramadan agar makin banyak berkah yang kita terima. Siapkan dana khusus untuk bersedekah dan berzakat di bulan Ramadan. Pahami bahwa zakat berbeda dengan sedekah. Ada dua macam jenis zakat, zakat fitra (zakat wajib) dan zakat mal (harta/penghasilan).

Sedangkan, sedekah bentuknya beragam tak harus berupa uang, bisa berupa senyuman, perbuatan baik, berbagi dengan anak yatim, dan lain sebagainya. Catatan, yang penting dilakukan secara iklas ketika bersedekah. 

Lakukan ini: Setiap orang dewasa yang mempunyai harta lebih dari cukup membiayai kebutuhan sehari-harinya wajib membayar zakat sebesar 3,5 liter atau 2,5 kg beras. Zakat bisa berupa uang yang setara dengan nilai tersebut. Usahakan untuk memberikan zakat secara online di masjid atau Lembaga amil zakat tepercaya di wilayahmu. Lalu untuk sedekah, kamu bisa bersedekah secara online juga melalui aplikasi sedekah, dan ingat untuk sebisa mungkin hindari keluar rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here