3 Jenis Pinjaman Modal Usaha Yang Bisa Kamu Coba!

192
Pinjaman Modal Usaha Yang Bisa Kamu Coba

Membangun usaha maupun bisnis pastinya tidaklah mudah. Begitu banyak tantangan yang harus dihadapi para pelaku usaha. Salah satu tantangan dan masalah yang dihadapi para UMKM adalah kebutuhan akan modal usaha. Keterbatasan dana, bisa menjadi penghalang dalam mengembangkan usaha. Akan tetapi percayalah bahwa, selalu ada solusi di setiap masalah.

Untuk itu terdapat beberapa pilihan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan tambahan modal, dan berikut ini 3 jenis pinjaman modal usaha yang bisa kamu coba :

Download Aplikasi Pinjam Modal
  1. Kredit Multiguna

Salah satu produk perbankan yang bisa memberikan fasilitas modal usaha adalah Kredit Multiguna. Namun salah satu persayaratannya adalah dengan adanya jaminan berupa sejumlah asset sebagai jaminan kepada kreditur. Jaminan ini akan menentukan seberapa besar dana tunai yang akan dipinjamkan. Semakin besar jaminan yang diberikan maka semakin besar pula pinjaman yang bisa didapatkan.

Suku bunga yang ditawarkan terbilang cukup tinggi dan menyesuaikan kondisi pasar. Apabila kondisi pasar baik maka bunga bisa dibawah 10%, namun apabila kondisi pasar sedang tidak stabil maka bisa melebihi 15%. Selain jaminan aset, peminjam juga perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti  formulir aplikasi pinjaman, KTP, KK, NPWP, rekening tabungan, rekap penghasilan, SIUP, foto usaha dan rekening listrik atau PBB.

2. Pinjaman dari Keluarga atau Kerabat Dekat

Selain pilihan pertama, kamu juga bisa mencoba melakukan pinjaman modal usaha yang berasal dari keluarga ataupun kerabat dekat. Tentunya terdapat kelebihan dari pinjaman ini, biasanya pinjaman dari keluarga tidak menuntut bunga. Namun pinjaman ini cukup mempertaruhkan hubungan baik antar keluarga maupun kerabat. Sehingga kamu harus memastikan bahwa terdapat aturan atau perjanjian sebelum menerima pinjaman tersebut. Tanggung jawab dalam menerima pinjaman ini pun wajib kamu penuhi, dengan mengembalikan tepat waktu dan mengikuti aturan atau perjanjian yang telah di sepakati kedua belah pihak.

3. Pinjaman Online dari Fintech

Fintech atau Financial Technology merupakan perusahaan finansial yang saat ini sedang bertumbuh pesat dan mendapatkan dukungan dari pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya banyak kemudahan yang diberikan oleh Fintech kepada para penggunanya, salah satunya adalah pinjaman modal usaha tanpa agunan atau jaminan.

Tidak hanya itu, Fintech juga mempermudah para peminjam dengan mengajukan pinjaman melalui telepon genggam dan mengunduh aplikasi saja. Peminjam tidak perlu lagi harus bepergian keluar rumah dan menuju suatu tempat untuk mengajukan pinjaman. Fintech juga dikenal dengan proses pencairan yang sangat cepat. Jika ingin mengajukan modal usaha melalui fintech, rata-rata persyaratannya cukup sederhana, seperti menyiapkan KTP, NPWP, dan Bukti Transaksi Toko.

Kamu bisa baca selengkapnya mengenai fintech di : Aplikasi Fintech Untuk Modal Usaha

Itulah beberapa jenis pinjaman modal usaha yang bisa menjadi solusi dari permasalahan modal usaha yang kamu hadapi. Tentunya kamu bisa memilih pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu ya. Pastikan dalam setiap pinjaman yang kamu ajukan, dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Agar kamu memiliki histori yang baik sebagai peminjam dana.

Download Aplikasi Pinjam Modal

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here