Pinjammodal.id – Dana Pinjaman Online Tanpa agunan akhir – akhir ini memang sedang marak dikalangan masyarakat. Bagaimana tidak, platform Peer to Peer Lending memang sangat membantu masyarakat Indonesia termasuk yang belum terjangkau oleh bank. Proses yang mudah, persetujuannya yang serba instan dan ditambah lagi pinjaman online ini menjamin dana cepat cair. Sangat membantu masyarakat yang membutuhkan dana darurat ataupun untuk modal usaha.

Namun, dibalik kemudahan demi kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online ini, tidak sedikit yang salah langkah saat meminjam uang melalui fintech, lalu menyesal karena harus terkurung jeratan gali lubang tutup lubang. Tanpa berpikir panjang untuk melunasi utangnya dengan cepat, mereka memutuskan melakukan pinjaman online lagi ke fintech lending yang berbeda.

Hal tersebut bukanlah solusi yang tepat, justru akan membuat utang tidak bisa terselesaikan. Lalu, bagaimana caranya supaya kita tidak gali lubang tutup lubang dalam menggunakan dana dari pinjaman online? Berikut 4 cara jitu yang harus diperhatikan.

Tempatkan Utang Pinjaman Online Sebagai Prioritas

Dana pinjaman online

Saat berhasil mendapatkan modal dari pinjaman online, berarti harus ada yang akan di bayarkan kembali. Selain adanya daftar kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi, utang juga termasuk bagian dari daftar yang sangat penting. Ketika kita berutang, maka ada dana yang harus kita kembalikan dan sudah menjadi tanggung jawab kita.

Ketika kita bisa menempatkan utang sebagai prioritas, maka kita dapat menahan keinginan-keinginan lainnya yang sebenarnya belum kita butuhkan. Seperti contoh mengurangi pengeluaran nongkrong di tempat yang mahal, memilih barang belanjaan yang lebih murah, atau mengurangi budget untuk travelling.

Gunakan pinjaman untuk kebutuhan produktif

Perhatikan tujuan dari pengajuan pinjamanmu. Sebab, banyak orang yang menyalahgunakan kemudahan meminjam uang secara online untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka. Sebelum pinjam uang secara online, kategorikan dulu kebutuhan utangmu. Apakah termasuk utang produktif, atau malah konsumtif?

Utang produktif adalah utang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan. Nilai aset yang dibeli dengan cara berutang akan meningkat seiring waktu. Contoh utang produktif misalnya untuk Modal bisnis, biaya kesehatan, pendidikan, atau tambahan biaya pernikahan.

Untuk kebutuhan produktif seperti itu, tentu tak masalah pinjam uang secara online. Sedangkan jika pinjamanmu digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti untuk membeli gadget keluaran terbaru, maka sebaiknya urungkan niatmu. Sebab, orang yang memiliki utang konsumtif cenderung lebih berisiko terjerat utang.

Hitung kemampuanmu untuk membayar kembali pinjaman tersebut

Sekalipun berutang untuk hal produktif, bukan berarti kamu tidak memperhitungkan kemampuan untuk membayarnya kembali. Rasio cicilan yang sehat tidak akan melebihi 30% gaji bulanan yang didapatkan. Lebih dari itu, bisa-bisa arus keuangan malah jadi berantakan.

Apabila beban utang telah melampaui batas tersebut cobalah untuk mempertimbangkan kembali keinginan untuk mengambil utang baru. Sebab jika kamu tak memperhatikan hal tersebut, bisa-bisa kamu malah gali lubang tutup lubang. Menghitung rasio utang juga sangat penting dilakukan supaya kita bisa mempersiapkan dana untuk membayar tanggung jawab kita. Jangan sampai kebutuhan harian menjadi terganggu karena jumlah utang melebihi kemampuan kamu!

Pilih lembaga pinjaman online dengan bunga rendah dan tenor panjang 

Pinjammodal.id menawarkan pinjaman dana online dengan bunga yang kompetitif

Pinjaman online biasanya mengenakan bunga lebih tinggi dibandingkan lembaga kredit konvensional seperti bank. Proses pendaftaran dan pencairan dananya yang serba cepat menjadi salah satu alasan kenapa bunganya lebih tinggi. Namun, banyak aplikasi pinjam uang online yang memanfaatkan keunggulan mereka untuk mengenakan bunga kelewat tinggi yang tak masuk akal, bahkan mencapai 1%-3% per hari.

Padahal, penyedia kredit online yang aman biasanya mengenakan bunga yang tak jauh dari bank. Maka dari itu, teliti kembali besaran bunga. Selain itu, cek kembali biaya tambahan yang dikenakan oleh mereka. Lembaga peminjaman online yang aman pastinya memaparkan seluruh besaran bunga dan biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya denda, dan biaya lainnya secara transparan, sebelum calon nasabah menyetujui pinjaman.

Pinjam Modal adalah salah satu perusahaan fintech peer to peer lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami juga menawarkan kemudahan, dengan dokumen lengkap kami dapat memproses  pencairan dalam waktu 2 x 24 jam maksimal jam kerja . Pinjam Modal dapat di download di IOS ataupun Android.

Author by : Devina Mulya 
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here