Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat sudah mencapai 1,2 juta orang pekerja yang dirumahkan atau menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

“Total jumlah perusahaan yang merumahkan pekerja dan PHK  74.430 perusahaan dengan jumlah pekerja/buruh/tenaga kerja 1.200.031 orang,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu

Memang, Dampak yang begitu besar dari wabah covid-19 ini begitu terasa disetiap lapis masyarakat, bahkan untuk pengusaha dan pemerintah sekalipun. Untuk kamu yang sedang terkena dampak masalah ini, jangan putus asa ya. Masih ada jalan untuk berjuang. Salah satunya dengan bisnis online. Di era digital ini, sudah banyak hal yang menjadi lebih mudah dilakukan dibandingkan dulu. Salah satunya adalah bisnis, karena sudah banyak tools dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis baru Anda. Selain dibuat untuk membuat pengeluaran lebih hemat, aplikasi ini juga bisa membuat jalannya bisnis menjadi lebih efekif.

Ada tools dan fasilitas di internet yang bisa Anda manfaatkan, bahkan banyak diantaranya bisa dikelola secara gratis. Apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa membantu pemasaran bisnis Anda? Cek list-nya satu per satu di bawah ini.

1. Website

Website

Website menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berbisnis online, website membantu kamu untuk meraih pasar lain dengan jangkauan yang luas sekaligus menjadi profil utama yang penting untuk menunjukan eksistensi bisnis tersebut.

Kamu bisa membuat website gratis dengan menggunakan domain yang gratis semisal blogspot.com atau blogger.com dan www.wix.com dan itu semua FREE

Dan kamu bisa memulai dengan tanpa modal loh.

2. Software Pembuat Desain

canva

Canva

Berbagai desain barang atau informasi jasa, poster, brosur ataupun materi pemasaran lainnya merupakan hal dasar yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis. Desain yang menarik pada akhirnya akan menentukan keberhasilan Anda untuk mendapatkan konsumen potensial. Terkait dengan masalah itu, Anda tak perlu repot mengeluarkan pengeluaran tambahan hanya untuk sekedar membuat desain materi pemasaran dari menyewa jasa desain grafis.

Saah satu layanan yang bisa dimanfaatkan adalah Canva. Yakni software desain yang bisa diakses secara gratis. Canva menyediakan template untuk berbagai jenis desain materi pemasaran berupa poster, brosur, flyer bahkan kartu nama bisnis.

3. Melalui E-Commerce

Tokopedia


Tokopedia salah satu e-commerce Indonesia

Sekarang ini sudah banyak wadah yang memberikan peluang kepada Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih luas lagi, yaitu situs e-commerce. Di e-commerce tentunya akan lebih menarik konsumen lebih banyak, mengingat banyak promo-promo yang ditawarkan. E-commerce yang kini menjada idola para pengembang bisnis, di antaranya Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya, miliki akun jualan di setiap e-commerce agar bisnis semakin dikenal banyak orang dan pelanggan juga akan terus bertambah.

Berbisnis Sudah Semakin Mudah Meskipun Dari RumahAja

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja fasilitas online yang bisa dimanfaatkan untuk membantu jalannya bisnis Anda. Sekarang semuanya kembali lagi kepada Anda, apakah mau menjalankannya atau tidak. Bahkan kamu bisa memulainya tanpa modal loh! Jadi Reseller aja dengan mencari produk yang lagi trend saat ini dan memasarkannya di marketplace atau media lainnya. Jadi, tunggu apalagi ?! yuk mulai berbisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here