Amunisi Untuk Menghadapi Listrik Padam

0
47

Pinjammodal.id – Pada hari Minggu (4/8/2019) sampai hari Senin kemarin, terjadi pemadaman listrik “blackout” massal di wilayah JABODETABEK. Parahnya padamnya listrik ini berlangsung selama lebih dari 10 jam, sehingga cukup menganggu aktifitas warga. Nah, belajar dari pengalaman, ada baiknya kita selalu siap sedia perlatan darurat “emergency kit” di rumah, untuk mengantisipasi pemadaman tak teduga. Inilah daftarnya:

Makanan Instant dan Snack

Tanpa listrik, pasti banyak yang kesulitan untuk memasak dan banyak penjual makananan yang tak berjualan. Ingatlah untuk menyetok makanan instant yang mudah di buat dan snack di rumah, untuk mengisi perut saat listrik padam. Seperti mie instant, makanan kaleng, roti, biskuit, susu bubuk, dsb.

Power Bank

Selalu pastikan kalian mengisi daya power bank hingga penuh setiap harinya, sehingga saat listrik padam kalian bisa mengisi baterai handphone kalian agar komunikasi tidak terputus. Lagipula, power bank juga sangat bermafaat untuk mencharge handphone kalian saat tidak berada di rumah.

Lampu Darurat

Lampu darurat atau “emergency lamp” menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap rumah. Seperti lampu biasa pada umumnya, lampu darurat mengandalkan aliran listrik untuk menyala, namun lampu ini dapat menyala secara otomatis saat listrik padam akibat daya baterai didalamnya.  Untuk itu, ini sangat berguna untuk memberi penerangan secukupnya saat tak ada listrik.

Senter, Lilin dan Korek Api

Meskipun senter, lilin, dan korek api merupakan barang- barang tradisional, ada baiknya tetap menyediakan ketiga barang ini di rumah. Ini untuk berjaga- jaga jikalau baterai dari emergency lamp habis.

Kipas Angin Darurat

Padamnya listrik memang membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman karena kegerahan. Kondisi kegerahan akan membuat kita kesulitan untuk beristirahat, terutama bagi yang punya bayi dan anak – anak pasti takut anaknya rewel karena kepanasan. Maka dari itu, sediakan kipas angin darurat. Sama seperti emergency lamp, kipas angin darurat punya baterai cadangan sehingga akan tetap menyala meski tak dialiri listrik.

Penampungan Air

Pompa air biasanya tak menyala saat listrik padam, untuk itu selalu penuhi air di penampungan. Jika memiliki torren air, pastikan selalu isi penuh torren air setelah digunakan. Untuk yang menampung dengan ember dan bak air di kamar mandi, pastikan juga untuk selalu terisi ya, supaya saat darurat kalian tidak kelimpungan mencari air bersih.

Pompa Air Aquarium Otomatis

Saat pemadaman yang lama kemarin, banyak yang mengeluh karena ikan peliharaan mati karena kehabisan oksigen. Untuk itu, jika kalian memelihara ikan, belilah pompa air aquarium otomatis supaya ikan – ikan kalian selamat.

Genset

Untuk kalian yang punya budget lebih, bisa membeli genset. Supaya kalian tidak kesulitan saat listrik padam, tinggal nyalakan genset makan rumah kalian akan tetap terpasok listrik. Dan ingat untuk sedia bahan bakar genset, mengecek genset secara berkala maupun sebelum digunakan, serta jangan sampai genset kalian overheating atau kepanasan supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Author by : Stephanie Sabrina
IG : @stephaniesabrinaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here