Apa Itu Clubhouse?

171
Apa Itu Clubhouse?

(Image Source : Tribunnews.com)

Pinjammodalid – Adakah diantara kalian yang sudah tahu tentang aplikasi baru yang saat ini sedang hangat diperbincangkan? Aplikasi tersebut bernama Clubhouse. Namun, walau sedang hangat diperbincangkan, hingga saat ini masih banyak yang belum tahu sebenarnya apa itu Clubhouse.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial bebasis audio, dimana para penggunanya dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi dengan berbagai topik yang bisa disesuaikan dengan ketertarikan masing-masing pengguna. Sebelum masuk ke telinga para masyarakat digital di Indonesia, aplikasi ini dipopulerkan oleh CEO Tesla, Elon Musk. Aplikasi ini menjadi sangat populer sejak perbincangan yang dilakukan oleh Elon Musk Bersama dengan CEO Robinhood Markets bernama Vladimir Tenev, pada bulan Januari lalu.

Dilansir dari laman Kompas.com, Aplikasi ini dikembangkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davison dan mantan karyawan Google, Rohan Seth. Aplikasi yang diluncurkan Maret 2020 ini, pada Mei 2020 telah memiliki 1.500 pengguna dan bernilai 100 juta dollar AS. Kemudian hingga 1 Februari 2021, Clubhouse telah memiliki 2 juta pengguna. Kini Clubhouse bernilai 1 miliar dollar AS, dan dianggap sebagai startup Unicorn seperti AirBnb, Uber, dan SpaceX.

Bagaimana Cara Kerja Clubhouse?

Aplikasi Clubhouse untuk saat ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Iphone atau iOS saja. Untuk dapat memulai aplikasi Clubhouse ini, pengguna harus menerima undangan dari anggota lain yang sudah terlebih dahulu bergabung dan memiliki akun Clubhouse.

Kemudian aplikasi ini mengharuskan penggunanya untuk bergabung secara Live, karena percakapan yang sudah terjadi tidak dapat disimpan. Pada Aplikasi clubhouse terdapat istilah Host atau moderator, dan pembicara (speaker) yang biasanya membuat room dengan tema/topik tertentu. Kemudian ada VIP Guest atau pendengar yang telah difollow oleh para pembicara dan moderator. Lalu ada pendengar biasa atau audience yang akan menyimak pembicaraan yang berlangsung di room tersebut.

Jika posisi kamu adalah pendengar, kamu bisa memiliki kesempatan untuk Raise Hand, yakni fitur dimana kamu bisa mengajukan pertanyaan kepada para Speaker. Kemudian jika kamu ingin berpindah room, kamu bisa menekan tombol Leave Quietly. Jika kamu merasa topik yang kamu dengarkan cukup menarik dan ingin mengundang teman kamu untuk ikut mendengarkan, kamu bisa tekan tombol “+” untuk mengajak teman-teman yang telah memiliki akun Clubhouse.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan mengenai aplikasi yang sedang marak di perbincangkan oleh para masyarakat beberapa waktu ini. Jika kamu penasaran ingin mencoba aplikasi ini, kamu bisa membaca dan mengetahui terlebih dahulu melalui artikel ini. Semoga bermanfaat, sahabat Pinjam Modal!

Download Aplikasi Pinjam Modal

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here