Memahami Arti PO, Istilah yang Sering Digunakan dalam Jualan Online

35
Arti PO Istilah yang Sering Digunakan dalam Jualan Online

Sebagai sobat belanja online, kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah Pre-Order atau PO. Terutama kamu yang hobi belanja barang dari luar negeri, sistem ini sungguhlah akrab di telingamu. Untuk yang tidak hobi belanja online, mungkin kamu masih asing dengan arti PO.

Nggak berarti kamu itu kurang pengetahuan kok. Bahkan untuk yang sering belanja online saja mungkin nggak tahu kalau PO itu nggak cuma singkatan untuk Pre-Order. Lah, jadi, sebenarnya apa sih PO itu?

Download Aplikasi Pinjam Modal

Meskipun PO paling lekat dengan istilah Pre-Order, namun singkatan ini juga bisa merujuk pada termin Pay-Out dan Purchase Order. Semuanya memiliki singkatan yang sama: PO.

Selain singkatan yang sama, ketiga istilah ini juga berada pada domain pembicaraan yang sama, yaitu urusan dagang. Namun, pengertian dari setiap istilah ini berbeda-beda. Penjelasan tentang perbedaan masing-masing istilah itu bisa dilihat dari setiap poin penjabaran berikut ini.

PO sebagai Pre-Order

Kita bahas pengertian PO sebagai Pre-Order. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, istilah ini mungkin akrab di telinga orang-orang yang hobi belanja barang dari luar negeri. 

Pre-Order adalah suatu proses pemesanan produk yang stoknya belum ada di toko atau penjual tersebut. Sistem ini cukup lazim digunakan oleh para penjual atau seller, entah posisi mereka juga merangkap sebagai produsen atau hanya sebagai reseller. Sistem Pre-Order bisa diaplikasikan baik untuk seller pada toko online maupun offline.

Kapan pembeli bisa mendapatkan produk yang dipesan? Sebelumnya perlu diketahui mengenai sistem pemesanan ini. Pre-Order menggunakan batas berupa jumlah barang yang dipesan pembeli maupun tenggat waktu. Batas jumlah barang yang dipesan ini lazim digunakan untuk penjual yang juga merupakan produsen produk.

Sedangkan para reseller biasanya menggunakan batas tenggat waktu pemesanan sehingga setelah itu mereka bisa melakukan order produk dari produsen. Pre-Order juga lazim digunakan untuk bisnis jastip atau jasa titip.

Baca Juga: Perbedaan Pasar Tradisional dan Modern Yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk pembayaran produk, setiap penjual memiliki kebijakannya masing-masing. Yang paling umum adalah pembeli melunasi tagihan produk tersebut baru akan dicatat dalam daftar pesanan pre-order. Namun, tidak sedikit juga yang hanya mewajibkan pembayaran uang muka.

Besaran uang muka ini pun sesuai kebijakan penjualnya langsung. Ketika uang muka sudah dibayarkan, pesanan pelanggan baru bisa dicatat. Nantinya, pelunasan dilakukan ketika barang sudah dalam status ready stock

PO sebagai Purchase Order

Setelah kita paham arti PO sebagai Pre-Order, kita bisa beranjak ke pengertian PO dalam arti lain. Arti PO yang satu ini adalah Purchase Order. Kalau diartikan secara harfiah, maksudnya berarti pesanan pembelian. Purchase Order merupakan bukti pembayaran yang sudah dilakukan pembeli atau pelanggan.

Sehingga, dalam pengertian ini, Purchase Order dipahami sebagai sebuah objek bukti atau dokumen pemesanan produk. Informasi yang termuat dalam dokumen ini antara lain: jenis produk, jumlah yang dipesan, harga produk, dan tentunya identitas waktu pembuatan dokumen pemesanan tersebut.

Arti PO Istilah yang Sering Digunakan dalam Jualan Online
Ilustrasi dokumen purhcases order (PO) – Sumber: Pixabay.com

Meskipun hanya merupakan dokumen pemesanan, nyatanya Purchase Order ini juga bermuatan hukum. Ketika sebuah dokumen pemesanan ini dibuat, pihak-pihak yang terlibat mulai dari penjual, pemasok, hingga pembeli telah terikat secara hukum. Jika ada pertanyaan mengapa dokumen ini bahkan bermuatan hukum, jawabannya terkait dengan fungsi-fungsi dibuatnya dokumen ini.

Catatan pemesanan ini berfungsi menghindarkan pihak-pihak yang terlibat dari kerugian pesanan ganda. Dokumen ini berfungsi untuk melakukan checking pada faktur yang harus dibayarkan. Fungsi lainnya tidak jauh sebagai dokumen yang membantu penjual melacak pesanan yang diterima.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dokumen PO juga berfungsi untuk menghindari adanya potensi masalah perselisihan di masa mendatang terkait pesanan yang dibuat. Dengan demikian, dokumen Purchase Order ini bukan sekadar catatan pesanan. Ada banyak fungsi dan manfaat dari dimilikinya dokumen ini untuk semua pihak yang terlibat.

PO sebagai Pay-Out

Arti PO pertama adalah sebagai sistem sedangkan arti PO kedua sebagai dokumen. Lalu, pengertian PO versi ketiga apa ya? Pada pembahasan kali ini, PO sebagai Payout memiliki arti yang berbeda dengan dua versi sebelumnya.

Akan tetapi, pemahaman PO sebagai Payout ini juga masih dalam satu domain topik. Istilah ini lebih umum didengar oleh para penjual dibandingkan pembeli. PO sebagai Payout memiliki arti harfiah pembayaran.

Nah, jika berbicara dalam konteks, Pay-Out sendiri dipahami sebagai aktivitas pembayaran yang dilakukan oleh marketplace kepada penjual yang memiliki akun di platform tersebut.

Bukan hanya di toko online yang menjual produk barang, di situs aggregator yang menjual jasa para freelancer ini juga berlaku hal yang sama. Logis, keduanya memiliki sistem penjualan produk yang sama.

Baca Juga: Penjelasan UMKM Secara Lengkap dan Hal-hal yang Perlu Diketahui Calon Pelaku Usaha

Perlu diketahui ketika kamu membeli sebuah produk barang atau jasa dalam platform toko online, uang yang kamu bayarkan tidak langsung masuk ke kantong penjual. Uang tersebut akan ditahan oleh platform marketplace hingga produk barang atau jasa tersebut sampai di tangan pembeli. Setelah marketplace mendapatkan konfirmasi bahwa pesanan tersebut sudah diterima pembeli, barulah mereka akan membayarkan uang tersebut ke penjual.

Kenapa harus ditahan? Ini adalah bentuk jaminan yang diberikan kepada pembeli untuk menghindarkan mereka dari potensi penipuan penjualan. Penjual baru akan mendapatkan uangnya setelah adanya konfirmasi penerimaan produk oleh pembeli. Maka dari itu, penjual berkewajiban untuk mengirimkan dulu produk tersebut sebaik-baiknya.

Meskipun memiliki singkatan yang sama, ternyata PO punya makna dan pengertian yang bermacam-macam. Jadi, kalau kamu mau menggunakan istilah ini tanpa menimbulkan kesalahpahaman, ada baiknya kamu memperjelas istilah PO ini dengan kepanjangan yang kamu maksud. Apakah itu Pre-Order, Purchase Order, atau justru Pay-Out.

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here