pernikahan dan besaran gaji pasangan

Pinjammodal.idJakarta – Pernikahan. Satu hal yang merupakan kejadian penting membahagiakan dan juga banyak tekanan. Siapa yang tidak ingin menikah? Setiap pasangan yang memiliki visi dan misi bersama untuk membangun rumah tangga pastilah harus melewati langkah ini untuk disahkan dalam ikatan perkawinan.

Akan tetapi tidak sedikit pasangan yang masih menghadapi masalah keuangan dalam pernikahan. Namun sudah semestinya pasangan yang ingin menikah membicarakan hal ini secara jelas agar tak ada masalah di kemudian hari setelah menikah. Namun terkadang masih ada saja batu sandungan terkait hal ini, salah satunya adalah perbedaan besar gaji antara suami dan istri.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan American Sociological Association menemukan bahwa orang-orang akan cenderung selingkuh ketika pasangannya lebih baik darinya secara finansial.

Perceraian karena masalah keuangan keluarga
Image Source : Freepik

Diungkapkan oleh seorang Penulis penelitian, Christin L. Munsch, bahwa setiap orang sebenarnya tak ingin merasa bergantung pada orang lain, tidak terkecuali pada pasangannya sendiri. Penelitian menunjukkan betapa pentingnya pasangan menikah yang merasa equal, merasa dirinya sama atau setara dengan pasangannya.

Persoalan gaji ini sering kali menjadi lebih sensitive saat dibicarakan oleh para pria. Sudah bisa ditebak, ketika gaji istri lebih besar dan lebih stabil dari suami, suami pasti akan merasa minder dan terlukai harga dirinya, bahkan mudah tersinggung. Ia merasa tak mampu menghidupi rumah tangganya dengan semestinya dan akhrinya bisa memicu pertengkaran yang tidak terhindari. Hal ini juga sering kali menimbulkan ketidakpuasan dalam pernikahan. Perempuan juga cenderung mudah meremehkan pasangannya ketika mengalami situasi seperti ini.

Pada intinya, buat para pasangan terutama yang berencana untuk menikah, penting sekali menyamakan pikiran dan sebisa mungkin mencari pendamping hidup yang memang setara secara status sosial jika ingin memiliki pernikahan bahagia. Atau sebagai anak muda generasi yang bijak harus pandai dalam menabung atau bahkan memiliki asset untuk masa depan di sejak usia dini.

Author : Devina Mulya
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here