Ide Bisnis Produk Daur Ulang: Meraup Untung dengan Prinsip 3R

52
Ide Bisnis Produk Daur Ulang

Untuk kebanyakan orang, sebuah produk yang sudah digunakan sampai terlihat rusak biasanya akan dianggap benar-benar rusak dan tidak memiliki manfaat lagi. Ambil contoh, ketika kita membeli air mineral botolan dan sudah meminumnya habis, botol air minum tersebut tidak berguna lagi.

Ini adalah pola pikir dan perilaku sebagian besar orang. Padahal, dengan sedikit kreativitas, bahan bekas seperti ini dapat dimanfaatkan lagi. Sekalipun tidak mengubah bentuk, botol plastik ini bisa digunakan untuk menampung material lainnya.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Sayangnya, tidak semua orang mau sedikit repot untuk memodifikasi barang bekas tersebut. Akhirnya yang dilakukan hanya membuangnya. Ini sebenarnya bisa jadi peluang usaha di mana barang-barang daur ulang tersebut punya nilai jual yang tinggi.

Selain bahannya yang tidak mahal, campaign terkait kehidupan yang go green dapat mengusung produk-produk ini untuk lebih menarik minat beli pelanggan. Kalau kamu berminat bisnis di bidang ini, kamu mungkin akan terbantu dengan beberapa referensi ide bisnis daur ulang berikut ini.

1. Daur Ulang Kertas Bekas

Kertas juga jadi sampah yang cukup memprihatinkan. Tidak sedikit orang yang merasa mudah menggunakan kertas dan tidak lagi memanfaatkannya untuk kepentingan lain. Wajar sih, kebanyakan orang berpikir ketika kertas sudah dicorat-coret, maka barang itu tidak bisa digunakan lagi. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Kumpulkan kertas dan sulap menjadi kertas baru! Kamu bisa memanfaatkan produk akhirnya dengan membuat buku harian berbahan dasar kertas bekas. Minimal kalau tidak mau repot, kertas bekas bisa diubah jadi kertas kado.

Ide Bisnis Produk Daur Ulang
Ilustrasi daur ulang kertas – Sumber: Pixabay.com

Cara memprosesnya adalah dengan mengubah kertas bekas tersebut menjadi bubur lantas diratakan tipis-tipis sehingga membentuk produk baru sesuai keinginan. Detail teknis kreasi kertas bekas ini bisa kamu cari melalui YouTube. Sudah banyak video tutorial untuk mendaur ulang kertas bekas menjadi produk baru bernilai jual.

2. Bisnis Daur Ulang Kain

Material kain mungkin terpikir menjadi sampah yang paling jarang ditemukan. Akan tetapi kenyataannya saat ini kain menyumbang tingginya sampah di TPA. Kain tersebut menjadi sampah bertumpuk dan tidak termanfaatkan.

Gerakan untuk mendaur ulang kain menjadi barang baru yang lebih bermanfaat sebenarnya tidak sedikit, namun ternyata tidak cukup efektif. Kondisi serupa sebenarnya juga terjadi pada jenis sampah daur ulang lainnya.

Bisnis apa yang bisa kamu jalani dari sini? Ada banyak model kreasi yang bisa kamu buat. Sebagai contoh kamu mungkin bisa membuat selimut dari kain perca, atau mungkin tas, atau bisa jadi sarung bantal. Kelihatannya simpel dan tidak menjual? Maka kamu harus perbaiki campaign atau model bisnismu.

Baca Juga: Daftar Ide Bisnis Kuliner Yang Bisa Menjadi Referensi Pelaku Bisnis Pemula

Misalnya kamu membuka bisnis membuat kreasi kain dari kain-kain yang dikumpulkan dari pelanggan. Mereka mungkin memiliki beberapa potong baju dari orang-orang tersayang atau sekadar baju lama mereka yang tidak terpakai lagi. Kamu bisa ambil bagian yang masih layak untuk digunakan dan dijahit menjadi sebuah barang baru. Terkadang, produk seperti ini bukan hanya tentang bentuk akhir tapi juga tentang nilai dan kenangan di baliknya.

3. Kerajinan Kulit Telur

Kulit telur juga merupakan komponen sampah yang cukup signifikan. Meskipun sebagai sampah rumah tangga yang dianggap lebih ramah lingkungan, kamu bisa memanfaatkan limbah kulit telur untuk menjadi pupuk ataupun kerajinan tangan.

Hah, kulit telur dibuat jadi apa untuk kerajinan tangan? Meskipun bukan menjadi bahan utama, kulit telur bisa menjadi aksesoris untuk menghias perabotan berbahan dasar tanah liat atau keramik. Caranya pun tidak sulit.

Misalkan kamu ingin menghias vas bunga berbahan dasar keramik. Kulit telur yang kamu kumpulkan tadi dicuci bersih dengan sabun lalu dijemur sampai benar-benar kering.

Ilustrasi daur ulang cangkang telur – Sumber: Pixabay.com

Setelah itu, kamu bisa memecahkan kulit telur menjadi potongan kecil. Namun, pada bagian ini diusahakan untuk tidak terlalu kecil sehingga kamu akan lebih mudah dalam menggunakannya. Bagian dalam kulit telur diberi lem putih dan tinggal ditempelkan ke barang keramik. Polanya tidak harus teratur.

Kulit telur ini nantinya akan terlihat seperti mozaik. Kalau kamu merasa warnanya terlalu membosankan, sebelum kamu tempelkan tadi kamu bisa mewarnainya lebih dulu.

4. Pemanfaatan Kayu Bekas

Ide yang satu ini mungkin relatif lebih susah tapi bukan berarti nggak mungkin. Kayu bekas – seperti bekas peti kayu bisa digunakan untuk bahan membuat perabotan rumah tangga. Mulai dari alas tempat tidur, kursi, meja, hingga rak buku bisa kamu wujudkan dari bahan kayu bekas ini.

Kalau kamu tidak memiliki kemampuan teknis untuk membuatnya sendiri, kamu bisa menyewa tukang kayu untuk mengerjakannya. Tugasmu adalah membuat desain atau setidaknya mencarikan gambar referensi seperti apa bentuk perabotan yang ingin kamu buat. Biaya pembuatan perabotan dari kayu bekas ini tidak begitu mahal namun kamu bisa menjualnya dengan menyisipkan keuntungan bagimu.

Baca Juga: Tertarik Mencoba Bisnis Franchise? Simak Beberapa Fakta Franchise Berikut!

5. Bisnis Daur Ulang Bahan Plastik

Plastik sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Sifatnya yang kuat namun berbobot ringan membuat plastik menjadi bahan yang diandalkan. Sayangnya, tidak banyak dari kita yang bisa menyikapi secara bijak penggunaan plastik tersebut. 

Alhasil, plastik sekali pakai biasanya akan berakhir di pembuangan akhir dengan sia-sia. Kalau kita mau sedikit niat dan modal, kita bisa menggunakan bahan plastik yang ada di rumah untuk kreasi kerajinan tangan bernilai ekonomis.

Mau jadi apa saja? Banyak! Sesederhana botol plastik bisa diubah menjadi pot tanaman. Tinggal hias-hias sedikit sudah lebih mempercantik tampilannya. Bukan hanya botol. Kamu mungkin mengumpulkan sendok plastik bekas nasi kotak.

Jika jumlahnya cukup banyak, kamu bisa memotong bagian kepala sendok dan menjadikannya berbagai kerajinan seperti kap lampu atau pigura cermin. Ada banyak referensi yang bisa kamu temukan di internet maupun tutorialnya di YouTube. Percayalah, there is a will, there is a way!

Lima poin di atas hanya referensi beberapa contoh barang daur ulang dan ide untuk mengkreasikannya. Sebenarnya kalau ditelisik lebih lanjut, ada banyak sekali barang-barang bekas di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan.

Coba perhatikan lagi barang-barang di sekitarmu yang sekiranya tidak terpakai. Setelah itu kamu bisa mencari referensi cara pembuatan dan berbagai macam bentuk kreasinya di internet. Lumayan, dari barang bekas bisa jadi sumber pemasukan.

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here