Pinjammodal.id – Banyak sekali orang yang bermimpi untuk memiliki kehidupan yang berkecukupan. Namun banyak juga orang yang menjadikan hal itu hanya sebatas di mimpi saja. Tanpa usaha dan kerja keras, maka hasilnya tidak akan berbuah manis bukan? . Memiliki hidup yang berkecukupan atau mapan dari segi finansial bukanlah hal yang tidak dapat diraih. Untuk itu apakah usaha kamu sudah cukup untuk mewujudkan mimpi mu?

Pastinya kamu memiliki sumber penghasilan yang beragam. Meski begitu, kamu harus memiliki cara yang tepat untuk mengelola dan mengatur keuangan mu. Jangan melihat dari angka penghasilan yang kamu miliki, karena semakin tinggi penghasilan biasanya akan diiringi dengan semakin tinggi juga tuntutan hidup, yang membuat pengeluaran kamu sama tingginya dengan penghasilan. 

Untuk itu yuk kita pelajari cara atur keuangan untuk segala jenis penghasilan :

  1. Buat Rencana Keuangan

Rencana keuangan sangatlah penting bagi siapapun dengan penghasilan besar ataupun kecil. Renana keuangan bukan hanya berlaku bagi perusahaan besar saja, tapi juga sangat berarti bagi masing – masing individu. Memiliki kebiasaan menyusun rencana keuangan harus dipraktikkan sejak dini. Karena dengan memiliki rencana keuangan, kita bisa menentukan arah tujuan mimpi kita di masa depan.

Dalam membuat rencana keuangan, dibutuhkan proses dan pengalaman hingga kamu menemukan rumus yang tepat untuk dirimu sendiri. Pentingnya juga memiliki target yang ingin dicapai, hal ini bisa membantumu dalam menyusun rencana keuangan, sehingga kamu akan memiliki motivasi yang kuat dalam menyusun rencana keuangan. 

  1. Ingat Untuk Rajin Menabung

Masih belum yakin dengan strategi mana yang terbaik untuk misi menabungmu? Tidak usah khawatir, mulai aja dulu dengan merencanakannya. Dengan mulai merencanakan, kamu baru bisa tahu apa yang cocok dan tidak untuk dirimu sendiri. 

Kamu bisa cari inspirasi dari orang yang kamu kagumi, tapi ingat untuk tetap realistis dengan kondisimu sekarang, ya. Tips lain dalam merencanakan menabung adalah siapkan dana darurat. Setiap kali kamu terima gaji, langsung pisahkan dana untuk sehari-hari dan untuk keadaan darurat. Mungkin kamu tidak akan merasakan manfaatnya sekarang, tapi percayalah kamu akan sangat terbantu saat ada kejadian mendadak. 

  1. Ubah Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Buat Boros

Sadar kah kita bahwa ada beberapa kebiasaan kecil yang kita anggap sepele atau ringan tapi malah membuat kita boros?. Contohnya saja kebiasaan membeli kopi yang kita lakukan setiap hari. Coba dikalkulasikan jika budget untuk kita membeli kopi di kalikan 30 hari, jangan kaget dengan hasilnya ya. Coba mengurangi pengeluaran yang tidak wajib. Bayangkan jika itu dapat dialokasikan sebagai tabungan pebulannya. Pasti lumayan banget kan, sahabat?

  1. Pisahkan rekening tabungan dengan rekening sehari-hari

Hal ini bisa membantu kamu dalam menabung. Pisahkan rekening tabungan dengan rekening yang biasa kita gunakan sehari-hari, agar dapat mengontrol tabungan kita supaya tidak terpakai lagi. Gunakan prinsip, apa yang sudah ditabung, tidak boleh dipakai lagi untuk pengeluaran apapun. 

  1. Catat pengeluaran-pengeluaran kecil

Jika tadi kita bahas soal perencanaan keuangan, terkadang kita suka lupa untuk mencatat juga pengeluaran kecil sehari – hari. Yang akhirnya menumpuk dan membuat kita lupa uang kita dipakai untuk hal apa. Penting bagi kita yang mau belajar mengatur keuangan agar mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun itu. Mulai dengan membuat catatan di telfon genggam mu, agar mudah dan tidak gampang lupa.

Nah semoga cara-cara diatas dapat membantu kamu yaa dalam mengatur keuangan. Meskipun kamu memiliki beragam suber penghasilan, tapi hal-hal tersebut bisa di aplikasikan kok. Mulai sejak sedini mungkin. Habis baca artikel ini langsung di coba yaa sahabat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here