Cara Beriklan di Instagram Ads

59
Cara Beriklan di Instagram Ads

Dalam situasi pandemi yang belum kunjung membaik, tidak bisa dijadikan alasan untuk usaha atau bisnis kamu berhenti. Banyak jalan untuk bisa tetap maju dan berjualan meski dalam situasi saat ini. Salah satu cara yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan beriklan di media sosial, seperti Instagram.

Dengan menjangkau banyak calon konsumen di media sosial, maka toko online kamu bisa tetap eksis dan tetap mempertahankan tingkat penjualan dengan maksimal.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Indonesia menjadi negara dengan total pengguna Instagram terbanyak ke-4 di dunia loh. Pengguna terbanyak berasal dari usia 18 hingga 34 tahun. Jadi, yuk simak cara beriklan di Instagram Ads berikut ini :

1. Buka Facebook Ads Manager

Buka laman Facebook Ads Manager. Pastikan kamu sudah login ke akun Facebook yang kamu gunakan sebagai Facebook page.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan membuat iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Selanjutnya, tentukan tujuan iklan yang ingin  dicapai. Facebook Ads Manager menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

4. Klik Tujuan Iklan

Pertimbangkan tujuan iklan mana yang paling cocok untuk online shop kamu.

5. Pilih Jenis Iklan

Facebook menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Kamu harus memilih salah satu, sebab dua jenis iklan tersebut tidak dapat digunakan bersamaan.

6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Tulis nama iklan kamu untuk mengecek performa iklan-iklan di Instagram Ads. Kemudian pilih tujuan trafikmu ingin diarahkan ke mana. Kamu bisa mengarahkan trafik ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp. Dalam hal ini, jika kamu lebih aktif di whatsapp untuk berjualan, maka kamu bisa langsung mengarahkan audience untuk ke whatsapp kamu jika audience tertarik dengan iklan yang kamu pasang.

7. Tampilkan Promo

Jika kamu sedang menjalankan promo, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.

8. Tentukan Target Audience

Terdapat beberapa faktor dalam menentukan target audiens, seperti :

Pemirsa Khusus: Kamu dapat mengatur untuk menjangkau orang-orang yang pernah berhubungan dengan kamu baik secara online maupun offline.

Lokasi: Kamu dapat menentukan lokasi dari target audiensmu. Masukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, untuk menampilkan atau mengecualikan iklan kamu kepada orang dalam lokasi ini. Namun, penargetan lokasi belum tersedia di semua negara.

Umur: Jika produk yang akan kamu iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, kamu dapat memilih target berdasarkan usia. Misalkan target usia dari calon konsumen mu adalah usia 17 – 35 tahun, maka, kamu bisa sangat menyesuaikan dengan produk jualan kamu.

Jenis Kelamin: Tentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti kamu dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Atau kamu juga dapat memilih keduanya.

Bahasa: Jika kamu sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan ini kosong kecuali audiens yang ditargetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah kamu pilih.

Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan memilih yang sesuai dengan produk yang akan kamu iklankan.

Koneksi: Pilihan ini berguna jika kamu ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi kamu. Sehingga iklan kamu dapat dilihat oleh orang yang sudah pasti memiliki ketertarikan pada produk kamu.

9. Tentukan Penempatan

Jika kamu memilih penempatan otomatis, iklan kamu akan ditampilkan di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook. Apabila kamu hanya ingin menampilkan iklan di Instagram saja, silahkan pilih ‘Edit Penempatan’ dan mencentang Instagram saja.

10. Pilih Jadwal

Tentukan berapa lama iklan kamu akan ditampilkan.

11. Hubungkan dengan Akun Instagram

Dilangkah ini yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan akun Instagram yang ingin kamu hubungkan dengan halaman Facebook.

12. Pilih Format Iklan

Terdapat lima jenis format iklan yang dapat kamu pilih, yaitu sebagai berikut ini:

Karosel / carousell: Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.

Gambar Tunggal: Tampilan iklan dengan 1 gambar.

Video Tunggal: Iklan dengan sebuah video.

Tayangan Slide: Iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar

Koleksi: Iklan dapat berupa gabungan gambar dan video.

13. Buat Teks

Pada bagian ini tulis dengan deskripsi iklan. Pastikan membuat deskripsi yang singkat, dan jelas. Sehingga audiens tidak dibuat bingung dan bisa langsung tertarik dengan iklan yang kamu buat.

14. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar berbeda.

15. Lakukan Pembayaran

Untuk melakukan pembayaran, bisa melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah kamu melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan kamu dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Itulah beberapa tahapan dalam membuat iklan di Instagram. Jika sebelumnya toko online kamu sudah pernah beriklan di Facebook, maka tentunya cara yang serupa bisa dilakukan untuk beriklan di Instagram. Untuk itu, pastikan kamu sudah menggunakan Instagram bisnis supaya proses pengelolaan iklan menjadi lebih mudah.

Beriklan tentunya bisa menjadi Langkah yang tepat untuk melakukan promosi di dunia maya. Eksistensi Toko Online mu tetap harus di pertahankan, agar tidak kehilangan target konsumen. Jika kamu memiliki kesulitan dalam modal usaha untuk beriklan, Pinjam Modal punya solusi tepat untuk menambah modal usaha kamu. Pinjaman hingga 10 juta dengan tenor hingga 12 bulan, bisa menjadi solusi tepat nih untuk Bisnis kamu.

Yuk kunjungi aja website resmi Pinjam Modal, Ikuti semua media sosial kami ya di @pinjammodalid, yang ada centang biru nya (verified account)!

Waspada penipuan yang mengatasnamakan Pinjam Modal ya, sahabat!.

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here