Cara bersaing dengan kompetitor

37
Cara bersaing dengan kompetitor

Pinjammodal.id – Cara bersaing dengan kompetitor. Semakin tinggi pohon, semakin kencang juga angin yang menerpa. Sudah familiar kan dengan perumpamaan ini? Ya, seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak orang mulai tertarik untuk membuka usaha sendiri. Apalagi membuka toko online tidaklah terlalu sulit, sebab tidak lagi dibutuhkan biaya besar untuk menyewa atau membeli sebuah tempat berjualan dan tidak perlu menggunakan tenaga kerja yang banyak, hal ini membuat banyak orang mulai tertarik untuk membuka usaha online.

Banyaknya orang yang mulai membuka usaha sendiri menyebabkan semakin meningkatnya daya saing. Nah, bagaimana Cara bersaing dengan kompetitor ? Sebab daya saing harus kita anggap sebagai sesuatu yang positif dan senantiasa bersaing untuk memberikan yang terbaik bagi para customer dan menuntut kita untuk berpikir lebih inovatif dan kreatif. 

Nah berikut beberapa cara agar kamu tidak takut bersaing dengan toko sebelah.

  1. Kenali Pesaing Bisnis Kamu

Untuk mengenali pesaing bisnis mu, memang dibutuhkan waktu dan usaha lebih, sebab kamu perlu mendalami mengenai apa saja yang ditawarkan competitor kepada pelanggan. Apa kelebihan yang disukai pelanggan tentang competitor kamu yang mungkin tidak kamu miliki. Cari tahu juga apa kelemahan dari competitor mu. Agar dapat menjadi media pembelajaran bagi toko kamu sendiri. Sedangkan dari kelebihan yang dimiliki pesaing bisnis, kamu bisa mengambil contoh dan mengembangkannya. 

  1. Memberikan Pelayanan Extra

Kita tahu bahwa pelanggan merupakan kunci dari keberhasilan toko kita. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan bahkan extra di bandingkan toko sebelah, bukan tidak mungkin pelanggan akan lari ke toko kamu. Kamu bisa memberikan pelayanan yang extra melalui berbagai hal, misalnya dari segi pelayanan admin dalam menjawab chat dari pelanggan atau memberikan usaha extra dalam memberikan penjelasan tentang deskripsi produk.

  1. Maksimalkan Promosi

Untuk menarik hati pelanggan atau konsumen dibutuhkan promosi yang maksimal. Promosi memang bisa dilakukan oleh banyak toko lain. Tapi kamu bisa memaksimalkan promosi kamu dengan menyebarluaskan informasi tentang promo melalui berbagai media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau bahkan Whatsapp. Sehingga semakin banyak orang tahu tentang promosi menarik yang sedang berjalan di toko kamu. 

Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar tidak takut menghadapi persaingan yang tinggi belakangan ini. Pelayanan terbaik kepada konsumen akan membuat toko kamu selalu menjadi toko yang disukai para pelanggan, dan mesikpun banyak cara untuk menghadapi persaingan bisnis, harus dipastikan bahwa kamu senantiasa mengutamakan persaingan yang sehat yaa, sahabat! Jadi sudah siap bersaing? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here