Cara Bikin Online Shop Kamu Keliatan Menarik!

108

Tarik Lebih Banyak Pelanggan ke Instagram Online Shop Kita!

Ngomong-ngomong soal toko, setiap pemilik toko pasti mau dong kalau tokonya itu ramai pembeli? Di saat toko kita ramai akan pembeli, tidak hanya keuntungan besar saja yang mendatangi kita, namun banyak kesempatan lain yang bisa didapatkan.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Saat toko kita ramai akan pelanggan, itu bisa memperkuat brand atau citra toko kita di mata publik bahwa barang yang kita jual itu memuaskan.

Selain itu, ramainya pelanggan bisa membuka kesempatan untuk kita mengembangkan toko kita misalnya dari segi kualitas maupun menambah item dagangan baru. Untuk menggapai itu semua pastinya kita butuh beberapa cara, yuk disimak!

Buat Toko Kita Terlihat Menarik!

Kalau toko-toko konvensional biasanya akan didekorasi sedemikian rupa supaya enak dipandang oleh mata dan tatanan barang dagangannya tidak membingungkan customer pada saat melihat-lihat.

Begitu pula dengan pemilik toko online, pasti mau dong tokonya itu bisa terlihat menarik juga? Cara memperlakukan toko online sedikit berbeda dengan toko konvensional, kita harus bisa menarik pelanggan hanya dengan menggunakan kekuatan visual.

Platform aplikasi yang biasa digunakan untuk berjualan seperti Instagram memiliki layout yang sama untuk semua penggunanya, tugas kita adalah bagaimana membuat toko kita terlihat unik walaupun layout aplikasinya tidak bisa diubah sesuai kemauan kita. Kita harus bisa membuat pelanggan tertarik untuk membeli bermodalkan foto-foto saja.

Buat Toko Kita Terlihat Meyakinkan!

Selain membuat online shop kita terlihat menarik, kita juga perlu membuat toko kita terlihat meyakinkan untuk dilakukannya transaksi.

Mengingat banyaknya oknum yang mengatasnamakan “online shop” untuk melakukan penipuan, meyakinkan calon pelanggan menjadi aspek penting juga untuk para pelaku online shop karena orang akan melakukan transaksi bila online shopnya terlihat meyakinkan.

Nah, ada beberapa langkah nih supaya online shop kita terlihat menarik dan meyakinkan sehingga orang mau berkunjung dan melakukan transaksi di toko kita!

Langkah-langkah Supaya Menarik dan Meyakinkan

1.Foto produk yang menarik

Kelemahan toko online adalah customer tidak bisa melihat produk yang dijual secara langsung. Jadi, jangan asal memajang foto produk pada toko online kita, karena barang yang bagus pun kalau diambil dengan cara yang ala kadarnya bisa terlihat biasa saja bahkan bisa terlihat jelek.

Sayang kan kalau barang yang kita jual itu sudah bagus tapi menjadi tidak menarik karena pengambilan foto yang biasa saja?

Buat foto produk kamu terlihat estetik sehingga menambah poin menarik untuk produk tersebut. Kita bisa menggunakan properti tertentu yang sesuai dengan jenis produk kita yang nantinya akan kita dekorasi dengan cantik, sehingga nuansa indah dari produk itu sendiri bisa terpancar melalui foto.

Gunakan juga pencahayaan yang bagus supaya warna dari produk bisa terlihat dengan jelas seperti kita melihat dengan mata kepala kita sendiri.

Misalkan foto produk dari biji kopi premium dengan bungkus berwarna coklat muda, kita bisa letakkan produk tersebut di atas meja kayu dengan background hitam untuk menambah aspek elegan.

Lalu tambahkan biji-biji kopi di sekeliling produknya, sederhana namun dekorasinya bisa bisa membawa pesan dan keindahan dari produk tersebut.

2. Postingan produk yang rapi

Penataan produk yang rapi tidak hanya bisa dilakukan pada toko offline saja, toko online pun bisa loh kita bikin rapih. Buat apa sih penataan produk harus rapi? Simple aja, supaya customer tidak pusing saat mereka berkunjung ke toko online kita dan mau melihat-lihat produk yang kita jual.

Bila kita masih berbicara mengenai toko kopi online, jangan memposting jenis barang yang terlalu selang-seling seperti postingan pertama kita memajang produk penggiling kopi, postingan kedua kita memajang foto biji kopi, postingan ketiga kita memajang foto alat brewing kopi, dan postingan keempat tiba-tiba kita memajang foto biji kopi lagi.

Cara seperti itu bisa membuat kesan yang berantakan, kita bisa membuat tiga postingan pertama merupakan biji kopi, tiga postingan kedua kita pajang alat penggiling kopi, dan tiga postingan ketiga merupakan alat brewing kopi.

Kenapa posting barangnya tiga-tiga? Selain tidak membuat orang bingung, layout postingan pada profil Instagram jumlahnya tiga setiap barisnya.

3. Buat Highlight pada profil

Highlight bisa sangat berguna untuk toko kita. Kita bisa membuat katalog barang dengan highlight yang nama dan isinya sesuai dengan jenis produk yang kita jual sehingga bisa membantu customer juga dalam melihat-lihat produk.

Kita juga bisa membuat highlight yang menampilkan testimoni-testimoni dari pelanggan yang merasa puas setelah menjajal produk yang kita tawarkan, testimoni ini berperan cukup penting untuk membuat orang yakin dengan produk kita karena sudah ada orang ketiga selain kita yang berbicara bahwa produk yang kita tawarkan itu bagus dan memuaskan.

4. Isi Bio Pada Profil

Bio di sini juga merupakan hal penting yang harus kita perhatikan. Bio bisa diisi dengan tagline dari brand kita dan informasi-informasi singkat namun penting seperti lokasi dan kontak kita. Kontak merupakan sarana untuk customer bila mereka tertarik untuk bertanya-tanya atau bahkan membeli produk kita.

Akan lebih bagus lagi bila kita memiliki lapak pada aplikasi marketplace tertentu yang pembayarannya dijamin aman, cantumkan link lapak tersebut pada bio. Dengan adanya link lapak yang tercantum pada bio, customer akan lebih mudah untuk melakukan pembelian dan merasa jauh lebih aman mengenai proses pembayaran.

Nah, sudah banyak nih online shop yang menerapkan poin-poin di atas dan merasakan hasilnya. Tips-tips tersebut boleh banget untuk dicoba supaya Instagram online shop kita tidak ketinggalan dengan online shop lain dan bisa lebih banyak mendatangkan pelanggan. Pasti mau dong kalau usaha kita bisa berkembang, yuk kita sama-sama improve untuk memajukan usaha kita sehingga mendatangkan cuan yang lebih banyak lagi!

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here