Pinjaman Modal Usaha online Pinjam Modal
Pinjaman Modal Usaha online Pinjam Modal

Pinjammodal.id – Para penjual online shop maupun offline, riset produk merupakan hal penting yang harus dilakukan. Terutama dalam kondisi pandemic seperti ini, kamu harus mengkaji ulang tentang produk yang sedang ‘naik’ di pasaran dengan cara melakukan riset. Riset ini juga penting dilakukan agar kita mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan masyarakat serta bagaimana prospek keuntungannya bila dijual.

Dengan melakukan riset terhadap produk-produk yang kita jual, kita bisa melihat seberapa besar potensi pasar produk tersebut, trendnya penjualannya saat ini dan bisa memprediksi kira-kira bagaimana trend produk tersebut dalam beberapa bulan ke depan. Sehingga kita tidak terjebak dalam berjualan produk yang salah yang mengakibatkan kondisi omzet kita diam ditempat atau bahkan terus menurun.

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan riset produk :

1. Berangkat dari kebutuhan customer

Customer needs merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan.

Kamu harus sadar akan kebutuhan orang saat ini, berangkat dari orang-orang terdekat yang bisa kamu tanyakan.

saat kamu sudah menemukan apa yang banyak orang butuhkan , dapat menjadi petunjuk dasar kamu dalam membuat atau menjual suatu produk.

2. Coba tentukan list target market mu

Setelah kamu menelusuri kebutuhan customer, pastikan kamu juga tahu target market yang ingin kamu sasar. Target market bisa dimulai dari rentang usia, gender, hobi, status pekerjaan atau pendidikan, lokasi, dan gaya hidup.

Dengan mengetahui target marketmu, maka kamu akan lebih mudah mengklasifikasikan produk mana yang tepat untuk target market yang telah ditentukan.

3. Gunakan Google Trends

Melalui fitur Google Trend ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai  apa yang sedang banyak ditelusuri oleh pengguna internet dalam satu negara dalam kurun waktu tertentu. Caranya juga mudah, cukup kunjungi laman Google Trend, kemudian silahkan masukan kata kunci yang ingin dicari. Kamu juga dapat mengubah lokasi pencarian menjadi Indonesia serta waktu pencarian yang sesuai kebutuhan.

Nantinya akan muncul grafik yang menunjukkan berapa jumlah pencarian pengguna Google untuk kata kunci tersebut. Bila grafiknya mengalami peningkatan, maka produk tersebut memang sedang laris di pasaran dan sebalikya.

4. Gunakan Kuesioner

Cara yang satu ini memang terdengar sangat klasik. Tapi jika kamu sudah bisa menentukan target market , hal ini bisa menjadi cara jitu untuk tau respon secara real. Namun sebelumnya, pastikan pertanyaan yang kamu berikan sudah tepat sasaran dan tidak bertele-tele agar orang mau mengisi kuesioner mu dengan fokus dan kamu akan mendapatkan jawaban yang kamu butuhkan untuk melakukan riset produkmu.

5. Survei produk di marketplace

Coba kamu kunjungi beberapa marketplace guna mengetahui produk apa yang sedang laris manis.

Biasanya pada masing-masing marketplace, tersedia informasi mengenai apa saja produk yang masuk dalam kategori terlaris. Ciri-ciri dari produk yang trending di marketplace adalah produk yang sudah terjual lebih dari 400 items dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu.

Riset produk sangatlah penting bagi kamu yang baru mau mulai berjualan online. Atau yang ingin mencoba menjual produk baru. Ketika melakukan riset produk kamu bisa mendapatkan informasi mengenai karakteristik toko yang sering dikunjungi pelanggan dan bisa mempelajari jenis produk  dan harga barang kompetitor sebagai referensi berjualan kamu, sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here