Pinjammodal.id – Membangun bisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi bukan berarti kamu tak bisa ikut memulai bisnis. Ingin memiliki coffeshop sendiri? Atau justru kamu ingin membuat Brand Fashon sendiri? Bisa saja.

Ambil pulpen dan kertas, lalu catat panduanberikut untuk memulai bisnismu!


Temukan Bisnis yang Tepat

1. Langkah pertama, Cari ide

Hal apa yang sulit didapat di area tempat tinggalmu? Apa yang biasanya sering dibutuhkan oleh teman-temanmu? “Cari tahu apa kekurangan di area sekitarmu. Mungkin saja kotamu memiliki banyak tempat wisata namun tidak ada tour guide yang resmi, Nah, dari sekian banyak opsi, pilih satu jenis bisnis yang sekiranya paling kamu minati. “Ketika kamu ingin membangun suatu bisnis, kamu harus sudah siap untuk berkomitmen penuh terhadap bisnis tersebut. Maka dari itu pilih yang paling sudah pasti kamu sukai,”

2. kemudian cari tahu siapa saja kompetitormu

Cari tahu siapa saja sainganmu. Semisal, kamu ingin membangun kafe burger yang gluten-free, cari tahu ada berapa banyak restoran burger dalam jarak 10 kilometer dari kafemu, lalu lihat seberapa banyak yang gluten-free. Tidak ada? Berarti ide tersebut boleh dicoba. Tapi ingat, kamu mungkin harus berkompetisi dengan kafe lainnya yang serupa di luar jarak tersebut. Pastikan kamu memiliki kelebihan lainnya, semisal pesan antar 24/7.

3. Seperti apa pelangganmu

Jika kamu tak bisa menyebutkan kira-kira siapa lima pembeli produk atau jasamu, maka ide tersebut mungkin kurang menarik. Cara lainnya, tutup matamu, lalu bayangkan bahwa kamu adalah si pelanggan. Kira-kira, seperti apa profilmu? Dengan memosisikan diri kamu sebagai si pelanggan, kamu bisa mencari tahu apa yang sebenarnya para pelanggan inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here