Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi

37
Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi

Pinjammodalid – Banyak dari masyarakat Indonesia yang menjadi korban ganasnya pandemi Covid-19. Akibat yang paling dirasakan masyarakat selain dari sisi kesehatan, juga dari segi ekonomi. Beberapa sektor industri yang merasakan dampaknya seperti industri jasa, travel, fashion, dan termasuk juga tempat rekreasi. Angka pengangguranpun meningkat seiring dengan banyaknya industri perekonomian yang terpaksa harus ditutup secara permanen.

Oleh karena itu bersyukurlah bagi kamu yang masih memiliki pekerjaan ataupun masih memiliki penghasilan dari usaha yang kamu rintis. Tapi pastikan kamu harus pandai dalam mengatur keuangan. Sebab kita tidak pernah tahu kapan suatu musibah akan datang, yang memaksa kita untuk mengluarkan biaya tidak terduga.

Baca juga : https://blog.pinjammodal.id/dana-darurat-penting/

Kita tidak akan pernah tahu kapan badai pandemi ini akan segera berakhir, untuk itu kita harus memiliki cara yang tepat untuk menjaga kestabilan finansial kita. Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan saat pandemi :

  1. Membeli Barang Berdasarkan Kebutuhan Bukan Keinginan

Membutuhkan dan menginginkan adalah dua hal yang sangat berbeda. Membutuhkan berarti kamu memang akan menggunakannya dan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari atau dalam beraktifitas. Beda dengan suatu benda atau barang yang dibeli berdasarkan keinginan semata, barang yang kamu inginkan belum tentu dipakai dalam jangka waktu lama. Untuk itu hindari membeli barang berdasarkan keinginan saja.

2. Cek Kembali Sumber Penghasilan Kamu

Fungsi dari cek kembali sumber penghasilan kamu adalah untuk mengetahui secara pasti total pendapatan yang kamu miliki selama satu bulan, serta mengetahui berapa uang yang dapat kamu alokasikan untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini perlu terutama bagi kamu yang tidak memiliki pendapatan tetap seperti gaji bulanan. Bagi kamu para pelaku UMKM ataupun pengusaha, tentunya pendapatan setiap bulannya tidaklah pasti. Untuk itu diperlukan perhitungan kembali agar kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik lagi.

3. Mulailah Menabung

Berapapun penghasilan yang kamu dapatkan, kamu harus tetap bisa menyisihkan setidaknya minimal 10% dari total pendapatan selama satu bulan. Hal ini diperlukan , karena pada kondisi yang serba tidak terduga ini, kamu membutuhkan dana simpanan yang bisa kamu gunakan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau hal-hal mendesak yang membutuhkan biaya.

4. Lunasi Utang Tepat Waktu

Jika kamu memiliki utang yang berbunga, jadikan itu sebagai prioritas untuk kamu bayarkan sesaat setelah kamu menerima uang penghasilan. Sebab jika kamu menunda pembayaran, dapat berakibat pada denda yang akan terus menggulung dan semakin besar. Akibatnya kamu hanya akan kebingungan mencari cara untuk melunasi utang tersebut. Membiarkan utang tersebut teralu lama, bisa membuat arus kas kamu terganggu. Jika kamu terpaksa harus melakukan pinjaman, pastikan hanya untuk kebutuhan yang produktif, seperti pinjaman untuk pengembangan modal usaha.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan saat pandemi. Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, kamu wajib memilih perusahaan pinjaman yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Jangan sampai kamu salah memilih Fintech yang illegal, yang akhirnya malah membuat kamu merugi.

Pinjam Modal merupakan solusi yang dapat menjawab kebutuhan para pengusaha online untuk mengembangkan usahanya. Cari tahu lebih dalam lagi yuk dengan mengunjungi website resmi Pinjam Modal di www.pinjammodal.id dan download aplikasinya sekarang di Google Play maupun di Apps Store.

Kamu tentukan arah, Pinjam Modal #BekaliLangkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here