Cari Tahu Tentang Bisnis Franchise vs Kemitraan

27
Cari Tahu Tentang Bisnis Franchise vs Kemitraan

Pinjammodalid – Dunia bisnis memang sangat menarik untuk di jalankan. Tidak hanya sekedar mendatangkan rezeki, tapi juga pengalaman yang lebih menantang dibandingkan di dunia perkantoran. Dalam berbisnis kamu dapat menemukan banyak permasalahan yang dapat menjadi media pembelajaran dan dapat menjadikan kamu semakin ahli, jika di pelajari dan di evaluasi terus menerus.

Dalam berbisnis terdapat model bisnis Franchise dan juga kemitraan, pastinya istilah ini sudah tidak asing bagi para pelaku bisnis. Namun banyak dari masyarakat umum yang menganggap bahwa kedua model ini sama, padahal kedua model bisnis ini memiliki perbedaan yang harus kamu ketahui lebih lanjut. Yuk cari tahu tentang bisnis franchise vs kemitraan.

Bisnis Franchise

Sebelumnya istilah Franchise yang diambil dari Bahasa Prancis yang berarti memiliki hal dalam menjual suatu produk atau jasa. Franchise adalah suatu bentuk kerja sama dimana pemberi waralaba (Franchisor) memberikan izin kepada penerima waralaba (Franchisee) untuk menggunakan hak intelektualnya, seperti nama, merk dagang produk dan jasa dan sistem operasi usahanya. 

Untuk bisa menjalankan usaha franchise ini, diwajibkan untuk memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan dan sertifikat merek sebagai bukti Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Usaha Franchise ini memerlukan syarat-syarat yang cukup banyak untuk bisa memulai sebuah usaha, persayaratan ini datang baik dari pemerintah maupun dari pemilik usaha atau merk dagang yang ingin dilakukan franchise.

Bisnis Kemitraan

Sedangkan untuk model bisnis kemitraan dilansir dari situs kompasiana.com, merupakan suatu bentuk kerja sama dimana pemberi waralaba memberi izin kepada penerima waralaba untuk menggunakan hak intelektualnya seperti nama, merk dagang produk dan jasa dan sistem operasi usahanya, sesuai dengan peraturan perusahaan, tanpa penerima waralaba membayar suatu jumlah sebagai Franchise fee, Royalty fee ataupun Distribution fee (Dibebaskan sama sekali) inilah yang disebut dengan sistem kemitraan yang berlandaskan prinsip saling menguntungkan untuk kedua belah pihak mitra. 

Secara singkat, model bisnis kemitraan adalah bisnis dengan banyak pemilik, yang masing-masing telah menanamkan modal untuk ber-investasi terhadap bisnis tersebut.

Itu dia yang perlu kamu ketahui bahwa kedua model bisnis ini memiliki perbedaan. Kamu bisa mempertimbangkan segala persyaratan yang wajib kamu penuhi jika ingin memulai bisnis model Franchise maupun kemitraan. Kalo kamu akan pilih model bisnis yang mana?

Segala jenis bisnis dapat kamu jalankan ditambah lagi dengan tambahan modal pastinya akan mempermudah kamu nih. Yuk kunjungi website www.pinjammodal.id untuk mendapatkan solusi permodalan yang tepat bagi usaha kamu. 

#MakeImpactForOthers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here