Dana Darurat Penting

225
Dana Darurat

Pinjammodalid – Tahukah kamu bahwa Dana Darurat Penting?. Pertama-tama kamu harus mengetahui dulu arti dari istilah tersebut. Dana darurat adalah biaya atau uang yang disisihkan untuk suatu keperluan yang mendesak atau untuk kejadian yang tidak terduga. 

Dalam kehidupan kita, tentunya tidak semua hal berjalan mulus. Terkadang ada suatu ketika dimana kita mengalami hal-hal yang tidak terduga. Misalnya saja musibah bencana alam, mengalami sakit, kehilangan pekerjaan, dan lain sebagainya. Tentu kita tidak pernah berharap hal tersebut menimpa kita, namun tidak ada salahnya untuk tetap siaga, terutama dalam hal finansial.

Banyak dari anak-anak generasi masa kini, yang tidak pernah berpikir untuk menyiapkan dana darurat. Nah ini saatnya untuk kita memiliki kesadaran dalam menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Berikut ini adalah alasan mengapa kamu penting memiliki dana darurat :

  1. Memperbaiki kerusakan barang berharga

Sebuah benda berharga seperti telepon genggam, laptop, atau kendaraan bermotor pasti ada masanya mengalami kerusakan. Apalagi barang-barang tersebut adalah benda atau barang yang kita gunakan untuk bekerja sehari-hari. Dana darurat sangat penting untuk kamu miliki, jika seketika barang berharga tersebut perlu perbaikan atau bahkan terpaksa harus di ganti. 

  1. Biaya Kesehatan atau Kecelakaan

Kesehatan adalah sesuatu yang paling berharga dan mahal harganya. Oleh karena itu, tidak pernah ada yang menduga, kapan datangnya sakit. Disitulah manfaat dari dana darurat, jika kita atau anggota keluarga kita mengalami sakit yang tidak terduga dan membutuhkan biaya, disitulah manfaat penting dari dana darurat sangat terasa. Musibah lainnya adalah kecelakaan, sesuatu yang tidak pernah terduga sebelumnya, tentu akan sangat bermanfaat jika kamu sudah mempersiapkan dana darurat selagi masih mampu dan sehat, bukan?

  1. Saat kehilangan pekerjaan

Hal tidak terduga lainnya adalah kehilangan pekerjaan. Di saat kondisi perekonomian negri yang sedang naik turun, kita harus bersiap jika hal buruk berdampak kepada pekerjaan kita. Oleh karena itu, ada baiknya bukan hanya tabungan saja, kamu juga harus mempersiapkan dana darurat dan tetap waspada terhadap hal buruk yang bisa saja terjadi kapanpun.

  1. Melunasi tagihan

Tagihan atau utang, merupakan bentuk tanggung jawab bagi kita untuk melunasinya. Sebab jika kita memiliki tagihan yang wajib di bayarkan, semakin kita menundanya, maka akan semakin tinggi dan menumpuk di bulan yang akan datang. Sebagai bentuk tanggung jawab kita, tentunya dana darurat ini bisa kita gunakan untuk melunasi tagihan ataupun utang yang kita miliki. Pastikan kamu dapat mencatat setiap tagihan yang kamu miliki, dan hindari melakukan pinjam meminjam untuk keperluan yang konsumtif ya.

Kelihatannya memang tidak mudah bagi sebagian orang dalam menyisihkan dana darurat. Sebab dana darurat berbeda dengan dana tabungan. Biasanya kamu bisa menyiapkan dana darurat dengan menghitung 3 sampai 6 kali pengeluaran rata-rata perbulannya. Misalnya rata-rata pengeluaran kamu perbulannya sebanyak 800.000 rupiah, maka dana darurat yang harus kamu sisihkan adalah 3 x 800.000 = Rp. 2.400.000 atau 6 x 800.000 = Rp4.800.000 . Tentunya hal ini diluar dari tabungan dimana idealnya tabungan minimum adalah 10% dari penghasilan perbulan.

Apapun kesulitannya, usahakan untuk memulai menyisihkan dana darurat dan mengatur finansial kamu sebaik mungkin ya, sahabat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here