FINTECH MEMBAWA DAMPAK POSITIF ATAU NEGATIF

0
499

Pinjammodal.id – Pertumbuhan signifikan terhadap Financial Technology (Fintech) tampaknya mendapat perhatian dari sejumlah perusahaan efek di kawasan Asia Pasifik. Kehadiran Fintech di Indonesia ini bahkan membawa berbagai dampak baik terhadap perusahaan maupun masyarakat.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal sekaligus Anggota Dewan Komisioner OJK, Hoesen berharap, pembahasan tentang fintech dapat membuahkan hasil positif. Karena dari forum berbagi diantara peserta, masing-masing negara dapat mempelajari sisi negatif dan positif perkembangan teknologi finansial.

Ia berpandangan, perkembangan fintech memiliki dua dampak, baik positif maupun negatif. Dampak positif yang timbul akibat financial technology adalah mempermudah pertumbuhan pasar.

“Ini kan mempunyai dua sisi, di satu sisi tentunya dengan perkembangan yang bagus dari teknologi akan makin mempermudah bagi masyarakat atau pasar kita untuk tumbuh, harusnya ya,” ungkapnya.

“Sisi yang lain adalah kalau disikapi dengan bijaksana dan baik ya akan merusak tatanan atau bisnis yang selama ini sudah dilakukan, itu yang biasa terjadi di negara-negara yang mengalami istilah mereka fintech ini jangan distruptive, jangan merusak perekonomian atau merusak bisnis yang sedang dijalankan, yang sudah selama ini dijalankan,” imbuh Hoesen.

Ditanya dampak langsung fintech bagi perusahaan efek, Hoesen berpandangan teknologi finansial membawa perubahan positif. Salah satu yang nyata adalah terbukanya peluang masyarakat untuk menjadi investor di pasar modal.

“Banyak masyarakat kita tersebar di berbagai pulau. Jadi untuk bisa mengakses atau punya kesempatan untuk masuk ke pasar modal sebagai investor, mau beli itu juga kan terkendala, biaya eksekusi mahal. Mudah-mudahan dengan fintech menjadi lebih murah, beberapa potensi investor yang selama ini tidak terjangkau bisa dijangkau,” ujarnya.

Bagi masyarakat sendiri, adanya fintech membuka peluang bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang belum bisa dijangkau oleh layanan bank untuk melakukan pinjaman berjangka tanpa agunan, namun dengan proses yang lebih mudah dan cepat.

Untuk itulah Pinjam Modal hadir untuk menjangkau masyarakat dan memberikan fasilitas pinjaman dan berinvestasi dengan aman dan terdaftar di OJK.

Penasaran? Kunjungi website nya di www.pinjammodal.id .

Author by : Devina Mulya 
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here