Pahami Gross Margin Ratio Bagi Pebisnis!

90
Gross Margin Ratio

Bagi para pelaku bisnis baik yang ingin memulai atau baru memulai, kamu wajib tahu Kesehatan finansial bisnis kamu secara menyeluruh. Banyak hal yang perlu kamu perhatikan secara terperinci bagaimana arus kas di dalam usaha yang sedang kamu jalani. Baik pemasukan dan juga pengeluaran sekecil apapun. Dalam hal ini memang dibutuhkan ketelitian, namun hal ini akan sangat berguna bagi kelancaran usahamu. Nah, salah satu istilah yang wajib kamu pelajari adalah Gross Margin Ratio atau rasio margin kotor.

Tujuan memahami hal ini agar bisnis dapat meninjau keuntungan, biaya, dan berapa persentase keuntungan yang dapat dipertahankan. Gross Margin Ratio adalah rasio profitabilitas yang ditentukan dengan membagi jumlah laba kotor usaha dengan jumlah penjualan bersihnya.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Baca juga :  Ini Ciri Finansial Usaha Kamu Sedang Tidak Sehat 

Untuk memahami lebih lanjut yuk simak langkah-langkah dibawah ini, untuk menemukan rasio margin kotor:

1. Temukan laba bersih

Penjualan bersih atau laba bersih dapat menentukan berapa banyak uang yang diperoleh bisnis dari penjualan setelah dikurangi biaya pengembalian, promosi, operasional, dll. Dengan memeriksa neraca, kamu dapat menilai pendapatan dan biaya, sekaligus dapat menentukan kesehatan usaha kamu melalui penghitungan penjualan bersih.

2. Cari harga pokok penjualan

Temukan harga pokok penjualan, hal ini mengacu pada semua biaya yang digunakan untuk memproduksi barang dan produk yang kamu jual. Jumlahkan keseluruhan biaya produksi secara detail untuk dapat menemukan margin kotor.

Baca Juga: Pentingnya UMKM Melek Digital

3. Hitung margin kotor

Margin kotor adalah jumlah pendapatan laba bersih yang tersisa setelah harga pokok penjualan diterapkan. Berikut adalah persamaan yang digunakan untuk mencari margin kotor :

Margin kotor = Penjualan bersih – Harga pokok penjualan

4. Tentukan rasio margin kotor

Dengan menggunakan margin kotor dan penjualan bersih, kamu dapat menentukan rasio margin kotor. Ini akan memberitahu kamu berapa banyak yang disimpan perusahaan dari setiap rupiah yang dihasilkan, yang merupakan cara lain untuk membantu menentukan keberhasilan bisnis. Berikut adalah persamaan yang digunakan untuk mencari rasio:

Rasio margin kotor = Margin kotor / Penjualan bersih

(Dilansir dari laman : accurate.id)

Itulah beberapa penjabaran mengenai Gross Margin Ratio untuk bisnis kamu. Dalam bisnis, margin kotor dapat sangat berguna untuk mengevaluasi bagaimana biaya produksi berhubungan dengan pendapatan. Semakin tinggi rasio laba kotor, semakin banyak uang yang diperoleh pebisnis dari produksi dan penjualan. 

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here