Gunung Tangkuban Perahu Mengalami Erupsi

0
106
Tangkuban perahu erupsi

NEWS!! UPDATE TANGKUBAN PERAHU

Pinjammodal.id – Jakarta – Pada Jumat, 26 Juli 2019, Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat mengalami erupsi. Berdasarkan analisis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral menunjukan, saat ini Gunung Tangkuban Parahu masih berpotensi untuk terjadi erupsi dengan masih terekamnya tremor menerus.

Evaluasi data pemantauan terkini mengindikasikan, potensi untuk terjadinya erupsi besar masih belum teramati. Aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih berada dalam kondisi yang belum stabil dan aktivitas dapat berubah sewaktu-waktu.

Tangkuban perahu erupsi

“Ancaman bahaya yang paling mungkin terjadi saat ini, adalah berupa hembusan gas vulkanik dengan konsentrasi berfluktuasi di sekitar Kawah Ratu yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan jiwa pengunjung, pedagang, masyarakat sekitar, bila kecenderungan konsentrasi gas-gas vulkanik tetap tinggi,” ujar Kepala Pusat PVMBG Kasbani. Dengan begitu, pihaknya memastikan adanya potensi bahaya dari aktivitas Gunung Tangkuban Parahu. “Erupsi freatik dan hujan abu di sekitar kawah berpotensi terjadi tanpa ada gejala vulkanik yang jelas” ucap Kasbani. Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih Level 1 (Normal), evaluasi menerus tetap dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan tingkat ancamannya. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (BPBD Provinsi Jabar) dan BPBD Kabupaten Bandung Barat serta BPBD Kabupaten Subang.

Author by : Devina Mulya
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here