Hadapi Komplain Pelanggan Dengan Positif

41
Hadapi Komplain Pelanggan Dengan Positif

Pinjammodal.id – Pelanggan merupakan prioritas utama dalam berjualan. Bagaimana tidak, pelanggan merupakan orang yang membeli dan menggunakan produk yang kita jual. Kelebihan maupun kekurangan produk sangat ditentukan dari suara pelanggan, karena melalui merekalah kita dapat mengetahui pengalaman mereka secara jujur tentang produk kita. 

Semua pelaku usaha harus siap dalam menghadapi beberapa kekecewaan dari pelanggan. Melalui berbagai situasi pelanggan bisa saja menjadi orang yang benar-benar setia dan bahkan rela merekomendasikan cuma-cuma kepada rekan-rekannya, namun ada juga pelanggan yang kurang puas dan akhirnya mendatangan komplain. 

Disinilah letak tantangan sebenarnya, bagaimana menghadapi situasi agar para pelanggan dapat mengubah pola pikir mereka dan mulai menganggap bahwa kamu telah menjalankan bisnis dengan baik. 

Untuk setiap suara pelanggan kamu harus bisa berpikir positif dan menanggapinya dengan pikiran yang terbuka. Berikut ada beberapa tips untuk hadapi komplain pelanggan dengan positif.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Iya, kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik. Sebelum memberikan tanggapan kepada pelanggan, pertama-tama kamu harus bisa mendengarkan dan merangkum masalah yang diutarakan oleh pelanggan kamu terlebih dahulu. 

  1. Memiliki Point of View sebagai pelanggan

Ketika kamu menerima komplain dari pelanggan, pastikan kamu menganggap dirimu sebagai pelanggan, agar kamu dapat mengerti apa yang mereka rasakan. Dengan begitu kamu dapat membangun empati, agar dapat meresponi komplain dengan positif dan memberikan umpan balik yang sopan kepada pelanggan.

  1. Utarakan permohonan maaf

Kunci dari komunikasi terhadap sesama adalah  berterima kasih dan juga memohon maaf. Kamu harus mau mengutarakan permohonan maaf yang layak kepada pelangganmu. Sebab dengan berani mengutarakan maaf, pelanggan akan lebih menghargai kamu. Tunjukan kepada mereka bahwa kamu benar-benar tulus dan ingin memperbaiki kesalahan untuk menjadi penjual yang lebih baik.

  1. Hadirkan Solusi

Setelah kamu mendengarkan keluhan pelanggan dan sudah meminta permohonan maaf. Kamu harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada pelanggan, solusi apa yang mereka harapkan. Kamu bisa menjadikan pelanggan sebagai partner kamu dalam menyelesaikan masalah. Dengan mengetahui harapan pelanggan, kamu bisa menawarkan solusi yang terbaik bagi mereka.

Dalam menjalankan usaha, teruslah mendengar segala komplain dari pelanggan, dengan menunjukan kepedulian terhadap komplain mereka, disaat itu pula mereka ikut merasakan bahwa kamu sangat menghargai keberadaan mereka. Selalu hadapi komplain pelanggan dengan pikiran positif yaaa, dengan begitu pastinya usaha kamu akan senantiasa berkembang. Dan ingatlah usaha kamu tidak akan menjadi apa-apa tanpa kehadiran para pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here