Hati – hati Tertipu Komplotan Jual-Beli Rumah Mewah

0
60

Pinjammodal.id – Kepolisian Polda Metro Jaya berhasil mengamankan tiga orang komplotan sindikat penipuan berinsial DH, DR dan S dengan modus jual-beli rumah mewah di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada hari Jumat (9/8/2019) lalu. Modus penipuan dilakukan dengan melibatkan calon pembeli, agen property, dan notaris fiktif  yang berpura – pura ingin membeli rumah mewah korban berinisial VYS. Komplotan penipu berpura-pura hendak membeli rumah korban senilai Rp 15 miliar dan kemudian menggadaikan sertifikatnya.

Kejadiannya ialah agen property fiktif berinisial D berpura – pura membantu VYS memasarkan rumahnya, lalu menyakinkan korban agar mau menjual rumahnya kepada tersangka DH. Agen property fiktif  tersebut mengarahkan korban untuk menitipkan sertifikat asli rumahnya dengan kedok “ pengecekkan sertifikat” ke notaris inisial DR yang ternyata juga fiktif. Kemudian sertifikat asli rumah korban digadai dengan jumlah Rp 5 miliar ke sebuah koperasi simpan pinjam yang berlokasi di Pancoran, Selatan.

Setelah selang beberapa saat, VYS selaku pemilik rumah merasa curiga lantaran sertifikat asli rumahnya belum kunjung dikembalikkan oleh D dan DR. Akhirnya, VYS akhirnya mengirim surat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan untuk melakukan pemeriksaan. Alhasil diketahui bahwa sertifikat rumahnya sudah beralih nama menjadi tersangka DH.

Setelah diusut, ternyata uang hasil gadai sertifikat sebesar Rp 5 miliyar tersebut digunakan pelaku untuk membayar jasa balik nama sertifikat sebesar Rp1,5 miliar, untuk membayar hutang Rp 1 miliar, dan sisanya untuk membeli sebuah jam tangan mewah dan dibagikan ke anggota lainnya. Atas kasus ini, para pelaku dijerat dengan pasal 263 KUHP dan atau Pasal 266 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP juncto pasal 55 KUHP dan Pasal 56 KUHP, dengan ancaman penjara di atas 5 tahun

Sumber Photo : Detik.com

Author by : Stephanie Sabrina
IG : @stephaniesabrinaaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here