Hilangkan Stress Dengan Meditasi di Kantor

47

Pinjammodalid – Menjadi orang dewasa tidaklah mudah. Banyak hal-hal yang harus di lakukan, seperti mencari nafkah, mengejar karir, membangun keluarga, mengurus orang tua, dan lain-lain.  Banyak factor yang dapat membuat orang dewasa mudah stress. Salah satu penyebab stress utama diakibatkan oleh pekerjaan. Tak jarang rasa tertekan berlebihan yang terjadi karena masalah karir mempengaruhi kehidupan pribadi hingga kesehatan jiwa. Karenanya, banyak pekerja yang mencoba berbagai macam kegiatan demi mengalihkan sejenak perhatian, misalnya olahraga atau meditasi.

Tidak banyak orang yang mengambil langkah meditasi untuk mengusir stres. Kebanyakan dari pekerja mungkin lebih memilih pergi ke berkaraoke, ke mal, bermain games atau pergi ke tempat hiburan. Namun meditasi bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dan hemat untuk menghilangkan penat. Dilansir dari BBC, meditasi bisa menenangkan tubuh dan pikiran, membangkitkan energi, membuat Anda lebih fokus, mengurangi stress dan kecemasan, dan mengubah hidup dan kerja otak ke arah yang lebih baik.

Ingin mencoba meditasi? Mulailah dengan melakukannya di kantor. Meski terdengar tak memungkinkan, kantor bisa menjadi tempat yang tepat karena lebih menantang Anda untuk lebih fokus. Berikut adalah empat tips dari wolipop.com yang bisa diterapkan jika ingin melakukan meditasi di kantor:

1. Cari Tempat

Terkadang kantor bisa menjadi tempat meditasi yang lebih tenang daripada rumah karena Anda bisa terhindari dari ada gangguan pasangan atau anak. Sebelum melakukan hal ini tentu saja yang Anda harus memberi kabar manajer atau rekan-rekan terlebih dahulu. Ahli karir, David G Allan mengatakan jika Anda bisa berbicara pada staff kantor untuk meminjam sebuah ruangan kosong jika memungkinkan. Carilah ruangan tanpa kaca yang lebih nyaman. Bila tidak tersedia satu pun tempat yang memungkinkan dan kebutuhan meditasi sangat mendesak, terpaksa Anda bisa memakai kamar mandi.

2. Luangkan Waktu

Tentu saja waktu istirahat adalah momen yang tepat untuk melakukan meditasi. David mengatakan jika biasanya Ia mem-booked ruangan selama 30 menit meski hanya bermeditasi selama 10-15 menit. Meski pekerjaan sedang sangat menyita perhatian, meditasi tetap bisa dilakukan karena meditasi bisa membuat pikiran yang sedang rumit menjadi lebih tenang. Anda pun bisa mengerjakan tugas dengan lebih baik, bahkan bisa memunculkan ide-ide yang lebih kreatif.

3. Baca Buku

Untuk melakukan meditasi dengan lebih baik dan sempurna, banyak-banyaklah membaca dan mencari banyak informasi mengenai kegiatan ini. Walaupun Anda pernah bermeditasi sebelumnya, tidak ada salahnya untuk menyegarkan kembali tekniknya dengan membaca buku atau artikel terkait, melihat video, mendengar podcast, dan lain-lain.

4. Aplikasi

Jika benar-benar ingin bermeditasi baik di kantor maupun di rumah, ada sebuah aplikasi gadget yang bisa membantu Anda. Stop, Breath, & Think, aplikasi android, iOS, serta komputer yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Aplikasi ini menghadirkan suara narator yang menenangkan dan bisa sangat membantu meditator awal. Aplikasi tersebut bahkan bisa membuat Anda bermeditasi dengan maksimal dan berkualitas meski hanya dilakukan lima menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here