Daftar Ide Bisnis Kuliner Yang Bisa Menjadi Referensi Pelaku Bisnis Pemula

84
Ide Bisnis Kuliner Yang Bisa Menjadi Referensi Pelaku Bisnis Pemula

Ada yang bilang, bisnis kuliner adalah pilihan bisnis yang paling menjanjikan. Kenapa? Anggapan bahkan makanan adalah kebutuhan pokok menjadi logika yang dipakai bahwa semua orang pasti akan membeli produk makanan. Pangsa pasarnya sangat besar dan tidak terbatas pada kalangan tertentu.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, bisnis makanan tergolong yang paling bisa bertahan. Meski secara data bisnis FnB merupakan bisnis yang terdampak paling besar dari sisi pendapatan, namun nyatanya sebagian besar bisnis makanan masih lebih mampu bertahan.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Nah, ketika hendak memulai bisnis pasti tidak lepas dari pertanyaan Mau jual apa? Ada banyak pilihan makanan yang mungkin bisa dijual. Pun dengan metodenya, apakah akan menjual produk pribadi atau membeli waralaba makanan.

Untuk lebih bisa bersaing di pasaran, kamu perlu menentukan idenya. Ide bisnis kuliner ini bisa didapatkan dari mana saja. Misalnya kamu mengamati kondisi sekitar yang berhubungan dengan kebutuhan makanan.

Mungkin di daerahmu, tidak ada yang jual makanan X padahal peminatnya banyak. Atau di daerahmu banyak yang suka makanan pedas.

Menentukan ide berdasar kebutuhan di pasar adalah cara termudah untuk segera mendapatkan pelanggan. Logikanya cukup sederhana: kamu menyelesaikan masalah mereka.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mempromosikan keunikan produk. Semakin unik produkmu, semakin mudah diingat oleh pelanggan.

Jika berminat untuk mengembangkan dalam skala besar, kamu perlu membuat konsep bisnis yang matang. Bisnis bukan sekadar menjual produk barang tetapi juga jasa dan hal-hal non-fisik lainnya.

Konsep bisnis ini lengkap mencakup desain produk, lokasi usaha, rencana anggaran, hingga SOP serta urusan marketing.

Baca Juga: Tips Mengelola Modal Usaha Bagi UMKM Pemula

Tapi kalau untuk rintisan pertama, kira-kira apa ya yang harus mulai dibuat dan dijajakan? Kalau kamu masih kesulitan menentukannya, kamu mungkin bisa melihat beberapa inspirasi ide bisnis kuliner berikut ini.

1.  Makanan Pedas

Rasa pedas selalu punya kelompok pencintanya tersendiri. Tidak heran kalau produk kuliner yang mengunggulkan rasa pedas selalu ramai pembeli.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis makanan dengan cita rasa pedas yang diunggulkan. Seblak misalnya, mengunggulkan rasa pedas dalam olahan kerupuk, makaroni, dan isian lainnya.

Referensi ide ini bisa diterapkan ke hampir seluruh ide makanan yang mungkin terlintas di pikiranmu. Bahkan kalau kamu tidak kepikiran untuk membuat suatu jenis makanan tertentu, kamu bisa berjualan olahan cabai. Alias jualan sambal.

Kalau ditanya darimana keunikannya, kamu bisa membuat berbagai macam sambal yang terkenal dari masing-masing daerah di Indonesia. 

2. Makanan Manis

Selain makanan pedas, makanan manis juga bisa jadi referensi selanjutnya. Nah untuk makanan manis ini lebih banyak mengarah ke menu-menu pastry, ya. Tapi jangan lupa, ada banyak olahan makanan manis yang tetap bernuansa Indonesia.

Baca Juga: Tertarik Mencoba Bisnis Franchise? Simak Beberapa Fakta Franchise Berikut!

Kalau kamu kesulitan mencari menunya, cara termudah adalah pergi ke pasar dan melihat para pedagang jajanan pasar. Menu-menu dalam jajanan pasar ini sangat beragam.

Contoh makanan manis kekinian, martabak mini – Sumber: pixabay.com

Kamu bisa bereksperimen untuk membuat produk yang lebih inovatif dari bentuk dasar jajanan pasar. Misalnya Odading dari Tepung Kulit Pisang atau Jelly Kulit Semangka. Ide dari mana? Bisa dari mana aja. Contoh ini cuma imajinasi liar penulis.

3. Makanan Khas Daerah

Selain makanan pedas dan manis, ide bisnis kuliner ini juga bisa dengan menjual makanan khas daerah. Tentu saja, daerah yang dimaksud adalah di luar daerah domisilimu. Bisnis kuliner khas daerah ini berpotensi laris-manis karena biasanya sainganmu akan sedikit.

Alasan lainnya adalah karena bisnis ini cenderung sedikit, orang akan lebih mengingat bisnis kulinermu. Kehadiran bisnis makanan khas daerah juga mengobati kerinduan para perantau yang ingin makan makanan daerah asal mereka.

4. Olahan Buah dan Sayur

Kuliner nggak hanya tentang makanan berat, kan. Kamu juga bisa membuat inovasi produk kuliner dengan bahan baku buah dan sayur. Bentuknya nggak hanya jus, kamu bisa juga kok membuat menu lain seperti salad buah dengan saus non-mayonaise atau puding dengan isian buah asli Indonesia.

Inovasi produk kuliner satu ini punya potensi sukses. Kamu bisa melakukan campaign mengenai hidup sehat dan ramah terhadap vegan atau vegetarian. Campaign seperti ini akan mendukung berkembangnya bisnis kulinermu.

5. Chinese Food

Untuk yang lebih pintar masak menu-menu rumahan, kayaknya kamu akan lebih pas untuk coba buka bisnis kuliner Chinese Food. Semacam menu Capcay, Kwetiaw, Sapo Tahu, Dimsum, dan lain sebagainya.

Olahan makanan ini tidak terlalu sulit dibuat, namun yang perlu menjadi perhatian adalah beberapa bahan pendukungnya mungkin masih agak asing.

Inovasi yang bisa kamu buat dari referensi ini adalah bagaimana kamu membuat produk makanan yang tidak terlalu mahal. Punya inovasi lain yang mungkin diterapkan pada ide ini? Maka eksekusi lah. Kan ide masing-masing orang beda-beda.

6. Kopi Botolan

Sekarang ini, kegiatan nongkrong di cafe untuk mengerjakan kerjaan di laptop tidak seperti dulu. Pembatasan kegiatan dan himbauan terhadap usaha FnB untuk mengisi porsi dine in maksimal 50% membuat pemilik usaha berpikir keras terhadap kelangsungan bisnis mereka.

Tidak jarang akhirnya kafe-kafe terkemuka mengeluarkan menu kopi botolan agar tetap ada pemasukan. Sebenarnya ini juga bisa menjadi kesempatan bisnismu.

Baca Juga: Perbedaan Kopi Americano, Cappuccino, Latte, Mocha, Flat White, dan Piccolo

Pada beberapa tempat usaha serupa, ada yang tidak memiliki keunggulan dari segi rasa produk. Kamu bisa menyusupi bagian ini dengan membuat kopi botolan yang autentik.

Apa sih yang diinginkan dari pelanggan? Kamu bisa riset kecil-kecilan lebih dulu untuk merumuskan inovasi produk yang diinginkan pasar. Menarik?

7. Olahan Daging

Percaya atau tidak, sebenarnya daging ayam dan sapi adalah bahan masakan yang relatif mudah dimasak dan dikreasikan. Sebut saja bisnis makanan berbahan dasar daging ayam yang sudah ada. Digoreng tepung, dibuat dimsum, jadi topping nasi mentai, semuanya bisa menggunakan daging ayam.

Bagaimana dengan daging sapi? Selain dibuat menjadi sate, daging sapi juga bisa jadi olahan saus spaghetti maupun shaburi. Pada dasarnya, daging sendiri sudah memiliki rasa dasar yang nikmat.

Olahan makanan daging – Sumber: pixabay.com

Kalau kamu butuh referensi untuk inovasinya, kamu mungkin bisa banyak browsing mengenai olahan daging di seluruh dunia. Ini juga berlaku untuk daging lain seperti daging kambing dan ikan ya!

8. Minuman Herbal

Kalau tadi sepertinya hanya bahas yang “enak” dan “mainstream” semua, coba deh dengan ide kuliner sehat. Minuman herbal contohnya. Meski di zaman sekarang ini orang lebih percaya dengan obat, tapi ada beberapa orang yang masih percaya khasiat jamu dan minuman herbal lainnya. 

Kendalanya, minuman herbal ini belum banyak dikemas secara menarik maupun praktis. Nah di sini kamu bisa terlibat dan berinovasi.

Membuat minuman herbal botolan terlihat praktis ya. Atau mungkin kamu ingin membuat minuman herbal kering sehingga bisa lebih tahan lama? Tidak apa-apa. Yang jelas, kamu bisa memanfaatkan kondisi pasar yang belum aware dengan minuman herbal ini dengan inovasi produkmu.

Kalau mau coba dicari dan ditelaah lagi, ada banyak referensi ide bisnis kuliner. Menyebutkannya satu per satu mungkin akan memakan banyak space dalam tulisan ini.

Harapannya dengan kami memberikan referensi berdasarkan kelompok besar akan lahir ide-ide kreatif. Lebih jauh, kami berharap tulisan ini bisa menginisiasi inovasi pengolahan bahan makanan yang “biasa” menjadi kuliner yang tidak pernah ada sebelumnya.

Terakhir, di Pinjam Modal kami selalu siap sedia merangkul para pemikir cerdas yang ingin memulai usaha pertamanya. Jika kamu baru ingin memulai usaha yang dijalankan secara online namun memiliki keterbatasan biaya, pinjaman usaha online di Pinjam Modal mungkin bisa jadi solusi. Selamat bereksperimen dan berinovasi!

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here