Pinjammodal.id – Pernah ga sih kalian memikirkan kapan waktu yang tepat untuk memulai suatu usaha atau bisnis? Ketika baru menapaki usia 20 tahun-an, banyak daripada kita yang memiliki rasa penasaran tingkat tinggi, ingin banyak mencoba hal baru, namun kita sering kali merasa terlalu dini untuk membuka bisnis, namun memasuki usia 30 tahun, kita merasa terlambat untuk memulai usaha baru atau terlalu nyaman dengan posisi kita di suatu perusahaan, sehingga enggan untuk memulai bisnis baru. Daripada bingung, kita bahas yuk Kapan Waktu Yang Tepat Memulai Bisnis.

Mulai Bisnis Tanpa Pandang Umur

Percaya ga sih sama istilah Practice Make Perfect. Memulai usaha itu tidak akan berjalan mulus tanpa belajar dan mencoba memulai. Memulai dalam arti, mulai membaca artikel atau literatur tentang panduan membuka usaha bagi pemula, dan mulai melakukan research sederhana sesuai dengan usaha apa yang kamu ingin jalankan. Tidak peduli berapapun umur kamu, kamu bisa mulai sedini mungkin. Semakin muda seseorang akan semakin banyak waktu untuk bereksperimen dan yang pasti masih punya keberanian untuk menghadapi berbagai tantangan dong.

Networking Networking Networking

Udah sering dengar dong betapa penting nya networking di masa sekarang?. Bangunlah networking kamu sedini mungkin. Networking dengan teman-teman satu kampus, satu komunitas atau hobi, teman satu kantor. Menurut para pelaku bisnis yang sudah berpengalaman, networking memegang peranan yang sangat vital, bahkan mencapai skor persentase diatas 60 persen. Pada kenyataan di lapangan memang banyak bukti yang bisa kita pelajari. Banyak contoh dimana semakin besar sebuah bisnis maka semakin besar pula network mereka.

Luangkan Waktu Untuk Belajar

Sejatinya meluangkan waktu untuk belajar menjadi dasar yang akan membangun bisnis kita untuk maju dan berkembang. Tanpa menyempatkan diri untuk belajar, kita belum tentu siap menghadapi tantangan bisnis yang ada. Sama halnya seperti menghadapi ujian, jika kita tidak mempersiapkan materi dan tidak belajar, maka kita akan mendapatkan hasil ujian yang mengecewakan. Menurut sejumlah survei, masa belajar dan bereksperimen di dunia bisnis itu kira-kira 3 sampai 5 tahun. Di tengah masa belajar itulah mental pengusaha ditempa. Inilah waktunya calon pengusaha banyak mempersiapkan diri dengan berbagai pelajaran, termasuk pengalaman untuk gagal.

Jadi untuk Sahabat Pinjam Modal, waktu yang tepat untuk memulai usaha adalah sedini mungkin. Tidak pandang umur berapapun kamu sekarang, asalkan mau belajar, memiliki kemauan yang keras, membangun networking yang baik, dan tidak mudah putus asa, dapat menjadi bekal awal kamu memulai bisnis. Jadi, jangan pernah menunda untuk melangkah. Semangat bekerja keras ya Sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here