Kenali COD Dalam Usaha Online

47
Kenali Istilah ‘COD’ Dalam Usaha Online

Pinjammodalid – Dalam dunia usaha online, terdapat banyak istilah-istilah online yang beberapa dari pelaku usaha sudah familiar dan ada pula yang belum mengerti atau menyelami istilah-istilah dalam berjualan online. Salah satunya adalah istilah COD ini. COD merupakan sebuah singkatan dari Cash On Delivery. Istilah ini populer seiring berkembangnya berbagai situs jual beli online. 

Istilah COD ( Cash On Delivery ) yang jika di artikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah membayar barang pesanan pada saat barang dikirimkan. COD sendiri merupakan salah satu sistem transaksi pembayaran dalam dunia online dan bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan pengiriman barang dari penjual ke pembeli, disamping banyaknya pilihan pengantaran lainnya seperti pengiriman regular, pengiriman cepat, pengiriman instant, atau pengiriman di hari yang sama dan sebagainya.

Berbeda dengan sistem pembayaran lainnya, transaksi dengan cara COD di lakukan pada saat pembeli dan penjual bertemu secara bertatapan langsung di tempat yang telah di sepakati sebelumnya. Inilah yang menjadi pembeda antara system COD dengan system pengiriman barang online lainnya. Pengiriman barang yang kita beli secara online pada umumnya akan dilakukan setelah pembeli telah melakukan transfer terlebih dahulu, baru barang pesanan akan kirimkan ke alamat pembeli.

Salah satu keunggulan COD yang bisa menjadi awal mula adanya sistem ini, dikarenakan, pada saat pengantaran barang, pembeli dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang sudah dibelinya. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi konsumen. Karena awal mula adanya belanja online, sangat sulit untuk mendapat kepercayaan konsumen dimana barang yang diinginkan tidak bisa dilihat secara langsung bentuk fisiknya, beda dengan cara offline dimana pembeli datang ke sebuah toko dan dapat langsung memilih dan menyentuh barang yang ingin dibeli secara langsung. 

Sistem COD bisa digunakan sebagai pilihan bagi para pembeli kamu nih dan bisa menjadi bagian dari strategi kamu untuk meningkatkan penjualan produk. Karena semakin banyak pilihan pengantaran yang kita berikan, maka akan semakin luas pasar kita dalam berjualan online. Hal ini dikarenakan sebagian orang yang sering berbelanja online lebih memilih toko online yang menyediakan layanan COD (Cash on Delivery). Bisa menjadi bahan pertimbangan untuk toko online kamu nih, sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here