Pinjammodal.id – Bicara bisnis online di Indonesia, sudah tidak diragukan lagi banyaknya jumlah konsumen maupun pelaku usaha nya. Bagaimana tidak, salah satu aktifitas yang palin sering dilakukan oleh generasi masa kini adalah aktifitas serba online. Termasuk berbelanja online. Hal ini dapat meningkatkan potensi peluang usaha bisnis , seperti bisnis dropship. Sudah dibahas di artikel sebelumnya, (3 Bisnis Online Bagi Pemula) yang dapat kamu coba. Namun pada artikel ini, akan dikupas lebih mendalam seputar Bisnis Dropship.

Pengertian Bisnis Dropship

Bagi para pengusaha online, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah dropship. Konsep sederhananya dropshipping merupakan proses pengiriman barang secara langsung ke pelanggan Anda dari pemasok yang merupakan pihak ketiga atau “vendor”. Tidak membutuhkan modal untuk menyewa Gudang penyimpanan, ataupun modal untuk memproduksi suatu barang. Dengan memiliki koneksi yang baik dengan vendor, peka dengan permintaan pasar, dan memiliki kemampuan ‘berjualan’ / mempromosikan produk dengan baik, kamu sudah dapat menjalankan bisnis dropship ini. Kamu akan disebut sebagai dropshipper, jika kamu merupakan orang yang menjalankan bisnis dropship.

Apa Keuntungan Bisnis Dropship

Terdapat beberapa keuntungan jika kamu memulai bisnis dropship, seperti :

  • Waktu berjualan yang flexible

Sebagai seorang dropshipper, kamu tidak harus 1×24 jam berada di tempat yang sama, dan harus mengatur waktu sedemikian rupa seperti 8 jam bekerja di kantor pada umumnya. Sebagai dropshipper, kamu bisa mengatur diri sendiri, kapan mau mulai membuka online store kamu dan sampai pukul berapa aktivitas transaksi ingin dijalankan.

  • Modal kecil

Tidak butuh modal yang besar, jika kamu ingin menjadi dropshipper. Karena, kamu tidak perlu membeli produknya dulu atau bahkan memproduksi produk. Kamu tinggal meneruskan uang yang sudah diterima dari pembeli dan bisa langsung mengambil keuntungannya. Modal terbilang sangat kecil, karena kamu tidak perlu memikirkan biaya sewa atau beli tempat penyimpanan untuk barang atau produk-produk yang kamu jual.

  • Dapat dikelola dengan mudah

Tidak sulit untuk memulai bisnis dropship ini. Terutama, karena tidak butuh biaya yang besar. Kamu tinggal memilih koneksi vendor yang tepat dan dapat segera memulai bisnis dropship kamu. Dan setelah daftar dropship, kamu dapat fokus memasarkan barang dan melakukan promosi. Jika usahamu sudah lebih berkembang, kamu bisa mempekerjakan beberapa orang untuk menjalankan akun-akun dropship-mu.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dropship

  • Cari tahu supplier / vendor dropship yang tepat

Cari tahu apa yang akan kamu jual, bagaimana kualitas produk dan manfaatnya bagi customer. Dan pastikan mendapatkan supplier yang tepat untuk kelancaran bisnis nantinya.

  • Miliki nilai jual yang unik

Karena bisnis dropship ini tidak berkaitan langsung dengan produk yang di jual, maka pastikan kamu memberikan pelayanan yang baik kepada customer, sheingga customer pun tidak segan-segan untuk bertanya tentang produk yang kita jual dan bukan tidak mungkin, akan membantu memasarkan poduk kita.

Membuat konsep yang tepat untuk pemasaran

Hal ini sangat mendasar dalam berbisnis. Memiliki konsep yang sesuai dengan produk yang akan di jual, pada akhirnya akan menarik pelanggan untuk membeli produk. Cari tau lebih lagi soal pemasaran dan cara melakukan promosi. Jangan sampai ketinggalan untuk melakukan promosi, dan gunakan channel yang tepat. Manfaatkan kemajuan teknologi dan social media.

Artikel ini telah mengupas tuntas seputar bisnis dropship. Apakah kamu tertarik untuk menjadi dropshipper? Baca juga artikel lainnya di https://blog.pinjammodal.id/ .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here