liburan asik dengan low budget

Banyak orang yang takut untuk berlibur karena uang yang pas – pas an, tapi ternyata untuk mendapatkan liburan yang asik dengan low budget itu ga harus mahal loh. Kuncinya adalah kita harus research dulu gengs! Berikut ada beberapa tips nih untuk bisa liburan asik dengan low budget:

Tentukan Tujuan Liburan Asik Mu

Putuskan kemana kamu ingin berlibur, tentunya disertai detail berapa hari kamu akan berlibur, transportasi yang akan digunakan, serta berapa orang yang akan berlibur

Buat Rencana Anggaran

Kita harus tentukan nih berapa jumlah dana yang kita alokasikan untuk liburan asik dengan low budget. Jangan sampai gara – gara berlibur, uang di kantong terkuras habis dan akhirnya malah terlilit hutang. Hitunglah dengan matang berapa budget yang bisa kita sisihkan dari pendapatan setiap bulannya, ingat jangan korbankan kebutuhan pokokmu.

Tekad Untuk Menabung

Setelah mengetahui budget yang kita butuhkan, dan jumlah uang yang mampu kita tabung setiap bulannya, kita harus punya komitmen dan tekad yang kuat untuk menabung. Cara mudahnya ialah dengan langsung memotong pendapatan kita yang akan ditabung dan langsung masukkan ke rekening bank, barulah digunakkan untuk keperluan lainnya. Apabila di hari yang akan datang sedang butuh uang, kita harus pura-pura lupa kalau kita memiliki simpanan dana tersebut, jangan lemahkan tekad kita, harus anti dengan yang namanya “pakai dulu bulan depan baru tabung lagi”. Sehingga uang itu bisa tetap utuh sampai hari-H kita berlibur.

Jangan Malas Mencari Tahu

Saat ini kita hidup di jaman yang super canggih, semua informasi bisa kita dapatkan dengan jempol kita atau “Googling”. Kita harus mau menghabiskan waktu untuk mencari informasi- informasi seputar destinasi kita. Untuk memesan tiket transportasi maupun penginapan, kita harus mau mengorbankan waktu untuk membanding – bandingkan harga dari beberapa sumber, carilah promo dan harga termurah, dan pesanlah langsung. Jangan khawatir karena banyak platform yang menyediakan booking sekarang dan bayar nanti, intinya harus mau research. Dengan rajin mencari informasi, kalian bisa berlibur dengan murah, dan menghindari pengeluarannya yang tidak perlu. Untuk penginapan, Airbnb juga bisa menjadi alternatif pilihan, dikarenakan saat berlibur banyak waktu yang kita habiskan diluar, sehingga budget yang kita hemat ini bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Bijaklah Dengan Keuanganmu

Setelah membayar tiket transportasi, dan penginapan, kita harus buat lagi kategori – kategori pengeluaran. Jadi uangnya kita pecah – pecah lagi sesuai kebutuhan kita. Sebagai contoh 20% untuk transportasi, 30% untuk makan, 30% untuk berbelanja, dan 20% untuk oleh – oleh. Nah, setelah itu harus stick to the plan ya, artinya kita harus kembali cermat dan komit hanya mengeluarkan uang dari budget kategori yang ada, jangan lebih. Kalau sudah begitu, kita akan terlepas dari beban kepikiran budget, dan bisa memotong pegeluaran yang tidak diperlukan. Akhirnya, liburan bisa murah dan menyenangkan, Selamat Berlibur!


Author by : Stephanie Sabrina
IG : @stephaniesabrinaaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here