Manfaat Buah Carica Bagi Kesehatan

62
Manfaat Buah Carica Bagi Kesehatan

Pinjammodalid – Mengkonsumsi buah dan sayur merupakan hal yang mutlak untuk menjaga keseimbangan makanan dalam tubuh. Dengan asupan makanan yang seimbang pastinya akan memperbaiki gizi dan menjaga daya tahan tubuh terhadap berbagai ancaman penyakit. 

Buah-buahan memang memiliki banyak variasi dan manfaat. Di Indonesia terdapat buah yang Namanya jarang terdengar di pasaran, namun sangat berguna untuk Kesehatan tubuh. Ini adalah buat Carica atau juga dikenal dengan Pepaya Dieng. Buah Carica merupakan kerabat papaya. Buah ini biasa tumbuh di dataran tinggi atau pegunungan.

Buah Carica memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti :

  1. Menjaga Kesehatan mata

Buah carica tinggi akan kandungan vitamin A yang lebih besar dari wortel. Buah carica bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan mata karena kandunga vitamin A yang dimiliki buah ini.

  1. Kaya akan serat

Manfaat buah carica juga untuk melancarkan pencernaan. Sebab dalam buah ini mengandung banyak serat yang sangat bermanfaat untuk pencernaan kita.

  1. Manfaat untuk kecantikan

Buah carica memiliki manfaat untuk menjaga Kesehatan kulit dan kecantikan. Dengan mengonsumsi buah carica, dapat membuat kulit lebih sehat dan mencegah penuaan dini. Kandungan Vitamin C yang dimiliki buah ini nantinya akan membentuk kolagen, yang dapat mencegah penuaan dini, kerutan dan membuat kulit menjadi lebih mulus.

  1. Meningkatkan energi

Buah ini mengandung Vitamin B kompleks yang mampu membantu melancarkan proses metabolisme tubuh dan memberikan energi yang besar. Energi besar yang diberikan tersebut, nantinya akan membuatmu memiliki rasa kenyang yang tahan lama.

  1. Melawan radikal bebas

Seperti yang kita ketahui radikal bebas sangatlah berbahaya bagi Kesehatan kita. Kandungan Vitamin C dan E yang dimiliki buah carica ini cukup tinggi dan mampu melawan radikal bebas dan UV jika dikonsumsi secara teratur. 

  1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah carica, yaitu mencegah risiko kanker. Bagaimana tidak, kandungan zat agrinin yang dimiliki buah ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita. Bagi kamu yang memiliki kerabat ataupun keturunan yang beresiko terkena kanker, bisa mencoba mengkonsumsi buah ini.

Itulah beberapa manfaat dari buah asal dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Meskipun daerah asalnya berada di tempat yang jauh. Kamu bisa menemukan buah Carica ini di Indonesia. Buah ini biasa ditemui di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Oleh karena itu masyarakat setempat banyak menjadikan Carica sebagai oleh-oleh khas Dieng. 

Carica bisa diolah menjadi berbagai variasi makanan. Biasanya warga mengolahnya menjadi manisan carica yang memiliki rasa yang segar dan aroma yang harum. Tidak hanya itu, olahannya pun juga biasanya dikemas dalam berbagai bentuk kemasan yang bisa tahan hingga 6 bulan hingga 2 tahun. Berbagai produk olahan Carica di Wonosobo diproduksi oleh tak kurang dari 30 UMKM. Selain manfaatnya yang kaya, buah ini bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat Wonosobo dan memperkaya UMKM di daerah Jawa Tengah. Sangat bermanfaat bukan?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here