Manfaat Komunitas Untuk Usahamu

107
Manfaat Komunitas Untuk Kelangsungan Usaha

Pinjammodalid – Dalam menjalankan sebuah usaha yang ingin bertumbuh, seorang pengusaha membutuhkan relasi yang lebih luas. Hal ini bertujuan untuk membangun jaringan, memotivasi, menjadi tempat berbagi, belajar, dan banyak hal lain yang bisa kamu dapatkan. Disamping itu kamu juga dapat memiliki dukungan yang bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat atas produk yang kamu jual. Disinilah peran dari sebuah komunitas, lewat perkumpulan ini kamu akan mendapatkan manfaat yang banyak untuk usahamu.

Di Indonesia sendiri komunitas resmi lahir pada tahun Tahun 2013 dan setiap Tanggal 28 September, masyarakat Indonesia memperingati Hari Komunitas Nasional. Hari Komunitas Nasional ini diperingati untuk mendukung berbagai aktivitas lintas komunitas yang dinamis di berbagai bidang, mulai dari hobi, visi, hingga profesi.

Namun apa saja sih manfaat komunitas bagi kelangsungan usaha? Yuk simak!

  1. Memperluas Jaringan Usaha

Dengan bergabung di suatu komunitas, kamu akan menjumpai banyak pelaku usaha yang bertujujuan untuk memperluas koneksi. Kamu juga akan memiliki kesempatan untuk mengenal industry usaha yang beragam, sehingga memungkinkan untuk memiliki pengalaman yang lebih luas seputar usaha.

  1. Tempat untuk belajar

Dalam suatu komunitas sangat memungkinkan bagi kamu untuk menemui pengusaha senior. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar dari pengalaman para pelaku usaha senior dalam mengatasi setiap masalah dalam usaha.

  1. Bertukar informasi

Selain hal diatas kamu juga bisa berbagi informasi seputar dunia usaha. Pastinya masing-masing industry usaha memiliki pasar dan tingkat kesulitas tersendiri, yang bisa kamu jadikan sumber informasi yang relevan dengan usaha-mu.

  1. Meningkatkan promosi dan brand awareness

Dalam komunitas, kamu bisa membagikan promosi yang sedang kamu jalankan untuk dapat saling bertukar promosi. Komunitas memungkinkan untuk kamu meningkatkan brand awareness dari market yang lebih luas. 

  1. Saling mendukung

Komunitas merupakan tempat dimana kamu akan mendapat dukungan penuh. Dukungan moral juga sangat dibutuhkan seorang pengusaha, dengan bergabung di suatu komunitas, kamu akan mendapatkan keluarga baru yang sama-sama menjalankan sebuah usaha.

Itulah beberapa manfaat komunitas untuk usahamu. Semoga kamu bisa menemukan komunitas usaha yang tepat di sekitar kamu ya, sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here