“If you have different mindset, you will have a different outcome.” – Jack Ma (co founder and former executive chairman of Alibaba Group) 

Pinjammodal.id – Sahabat Pinjam Modal, siapa sih yang tidak mau menjadi pengusaha sukses? Bisa memiliki usaha sendiri dan menjadi sukses memang menjadi impian sebagian banyak orang. Bayangkan jika kamu dapat membuka usaha, kamu bukan hanya bisa memiliki penghasilan untuk diri sendiri, tapi juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Luar biasa bukan?.

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kita perlu memiliki dasar atau bekal untuk kita mencapai keberhasilan. Kita ambil contoh dari seorang tokoh besar di dunia bisnis, siapa yang tidak mengenal Jack Ma? Pria asal Tiongkok yang sekarang dikenal banyak orang ini pernah mengalami banyak kesulitan saat memulai bisnis besarnya yaitu Alibaba Group. Namun kini, Jack Ma dijadikan simbol semangat dan motivasi bagi warga Tiongkok dan bahkan masyarakat di seluruh dunia. Bagi beliau, mindset merupakan suatu dasar yang penting untuk kita berbeda dari pada orang lain, dan dapat membawa kita menjadi pengusaha sukses. 

Berikut adalah 5 Mindset agar jadi pengusaha sukses :

  1. Tidak mengharapkan sesuatu untuk berubah

Perubahan selalu terjadi kapan saja. Bahkan tahun demi tahun, kita akan dihadapkan oleh perubahan dalam berbagai hal. Seseorang yang sukses tidak akan mengharapkan sesuatu berubah dengan sendirinya, mereka cenderung mengubahnya sendiri. Mereka mengetahui bahwa semuanya adalah pilihan. Dengan tidak membiarkan situasi dan kondisi berubah dengan sendirinya, akan menimbulkan keinginan kuat, ketegasan, serta kekuatan dari dalam diri. Meskipun perubahan tidak semua dapat kita kendalikan, tapi kita bisa mengendalikan apa yang kita mampu, dan menjaganya dengan sebaik mungkin untuk dikembangkan.

  1. Mempunyai tujuan yang jelas dan bekerja keras agar tujuannya tersebut tercapai

Mempunyai sebuah mimpi atau rencana hidup yang sangat indah tidaklah salah. Berawal dari sebuah mimpi atau rencana bisa saja diwujudkan menjadi kenyataan. Namun tanpa usaha, apakah mungkin semua nya terwujud? Miliki lah tujuan yang jelas dan terarah. Buatlah gambaran langkah demi langkah untuk mencapai tujuan tersebut, dan berusahalah sekeras mungkin untuk menjadikan mimpi kamu nyata. Sehingga tidak hanya sekedar impian belaka. Kerja keras adalah mindset yang harus kamu miliki untuk mencapai tujuan mu.

  1. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya

Sahabat, pasti sering dengar yaa bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya! Karena untuk menuju suatu kesuksesan butuh semangat pantang menyerah. Banyak orang beranggapan bahwa gagal adalah sesuatu yang buruk, sudah berakhir dan tidak dapat di mulai kembali. Padahal kegagalan dapat menjadi pengalaman yang mengajarkan kita untuk bangkit dan kembali memulai tanpa mengulang kesalahan sebelumnya. Permulaan yang baru, harus dilaksanakan dengan cara berbeda dan lebih cerdas. Dengan kegagalan yang pernah kita alami, dapat membuat kita tahu bagaimana cari mengatasi masalah dan memiliki solusi tepat untuk masalah yang ada kedepannya. Milikilah mindset ini, agar menjadi pengusaha sukses yaa sahabat.

  1. Kenali diri dan kemampuan yang dimiliki

Biasanya seseorang yang sukses adalah orang-orang yang memiliki pola pikir cerdas dan tidak semua orang dapat melakukannya. Mereka mampu mengenali diri sendiri, termasuk mengetahui batasan-batasan kemampuan yang dimiliki dan percaya pada diri sendiri. Mereka tau kapan harus memulai, kapan harus menunda, dan kapan harus berhenti. Bijaksana dalam mengambil keputusan adalah pemikiran yang cerdas untuk membangun dan menjaga suatu usaha tetap berkembang. Jika seseorang memiliki mindset yang sering merendahkan diri sendiri, tidak percaya pada kemampuan yang dimiliki, maka akan sulit bagi orang tersebut untuk berkembang dan maju. 

  1. Jangan pernah merasa cukup dalam BELAJAR!

Sejak kecil saat kita mulai mengenyam pendidikan dasar, kita senantiasa mengalami ujian untuk naik kelas. Ujian diperuntukan bagi kita agar dapat mengukur seberapa dalam ilmu pengetahuan yang kita miliki, dan menentukan apakah kita layak untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Manusia selayaknya orang yang sedang belajar, tanpa batasan umur, manusia pada dasarnya perlu belajar. Belajar hal-hal baru, belajar dilingkungan baru, belajar ilmu pengetahuan yang baru, belajar perkembangan zaman. Orang sukses selalu berpikiran terbuka dan selalu menganggap segala sesuatunya adalah pelajaran. Mereka akan selalu terbuka terhadap masukan-masukan termasuk kritik serta saran yang bertujuan untuk membangun dirinya. Jika kamu menutup diri, merasa diri sudah cukup dan tidak mau belajar, maka kemungkinan besar kamu akan banyak melewatkan segala kesempatan yang tak terlihat dan hanya akan menjauhkan diri dari kesuksesan itu sendiri. 

Sahabat Pinjam Modal, milikilah ke lima mindset diatas. Jadikan setiap mindset sebagai bekal berharga bagi kamu para pengusaha, baik yang belum memulai, baru memulai, bahkan sudah memulai sejak lama. Jadilah pribadi yang berbeda dan mau terbuka akan masukan dan senantiasa belajar hal-hal baru ya. Semoga bermanfaat, Sahabat!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here