Semua Orang Bisa, Begini Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

103
Semua Orang Bisa, Begini Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol
Berani Memulai Bisnis Online Dari Nol

Memulai bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini. Dalam menjalankan bisnis online, tentunya dibutuhkan niat dan kemauan yang keras untuk memulainya. Banyak orang yang hanya ingin, tapi tidak berani untuk memulai. Nah di blog kali ini, simak yuk cara memulai bisnis online dari nol!

1. Explore Sekitarmu

Download Aplikasi Pinjam Modal

Sebagai calon pengusaha, kamu harus berani untuk explore sekelilingmu. Termasuk mencari tahu apa yang sedang trending di masyarakat, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, dan bagaimana agar dapat diimplementasikan menjadi suatu produk untuk berjualan.

2. Lakukan Market Riset Secara Sederhana

Setelah kamu melihat sekitar, dan menemukan satu trend ataupun permasalahan, ini saatnya kamu melakukan riset sederhana. Manfaatkan orang-orang disekitarmu untuk memberikan opininya. Selain itu kamu juga bisa melakukan riset keyword dengan memanfaatkan kecanggihan mesin pencarian di internet maupun media sosial.

3. Pelajari Kompetitor

Tahap ini menjadi salah satu yang tidak kalah penting untuk memulai bisnis. Kompetitor bisa menjadi acuan atau bahan pembelajaran untuk bisnis kamu. Dengan mempelajari kompetitor kamu bisa melihat bagaimana competitor tersebut Menyusun katalog jualannya di media sosial, apa saja platform yang digunakan untuk berjualan, bagaimana cara competitor melakukan promosinya, dan lain sebagainya. 

Baca Juga :Tips Bersaing Sehat Dengan Kompetitor 

4. Tentukan Model Bisnis

Terdapat berbagai macam model bisnis, mulai dari dropshipper, reseller, atau bahkan memproduksi sendiri produk yang akan kamu jual. Semuanya sah-sah saja, selama kamu sudah mempelajari masing-masing model bisnisnya secara jelas dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam setiap model bisnis.

5. Persiapkan Modal Usaha

Setelah kamu membekali diri dengan wawasan, target pasar, mempelajari competitor dan memilih model bisnis yang sesuai, kamu tentunya membutuhkan modal usaha. Modal usaha tidak melulu harus dalam jumlah yang besar. Kamu bisa memulai dengan modal yang kecil, yang terpenting adalah kamu bisa mengelola modal dan mencatat arus kas dengan baik dan teliti. 

Baca Juga : Rekomendasi Usaha Kecil Menguntungkan

Dari berbagai tips diatas, semoga dapat membantu kamu yang ingin memulai usaha ya!. Pada prakteknya membangun sebuah usaha dibutuhkan juga konsistensi dan sikap yang pantang menyerah. 

Pinjam Modal sangat mendukung setiap pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Campaign kami #BekaliLangkah memiliki visi untuk bisa memberikan bekal terbaik bagi para pelaku usaha tidak hanya dari segi permodalan, tetapi juga dari berbagai aspek yang dapat membantu pelaku usaha untuk maju dan berkembang. Info lebih lanjut cek www.pinjammodal.id.

Download Aplikasi Pinjam Modal

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here