Memulai Bisnis Sepatu Lokal

293
sepatu lokal
Sumber : Tokopedia

Pinjammodal.id – Selain berfungsi sebagai pelindung kaki dari bermacam-macam medan di jalan, sepatu kini juga telah menjadi produk fashion. Banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi memiliki sepatu dengan brand tertentu. Alasannya tidak lain untuk menunjukan status sosial bagi penggunanya. Kebanyakan dari brand tersebut berasal dari luar negeri yang membuatnya semakin dianggap sebagai sesuatu yang prestis. Jika pandangan masyarakat terhadap sepatu brand luar negeri seperti itu, lalu bagaimana dengan pandangan masyarakat terhadap brand sepatu lokal? Bagaimana jka kita dengan Bisnis Sepatu Lokal ?

Ternyata saat ini persepsi masyarakat terhadap Bisnis Sepatu Lokal sedang meningkat lho sahabat usaha. Produsen-produsen lokal kini sedang gencar-genncarnya membuat sepatu dengan desain dan kualitas yang tak kalah dengan brand impor. Respon masyarakat pun perlahan-lahan mulai bergeser ke arah yang lebih positif. Sepatu brand lokal tidak lagi selalu indentik dengan kata ‘murahan’.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Memang, harga sepatu brand lokal memang ‘murah’ namun bukan berarti barang yang ‘murah’ menjadi ‘murahan’. Justru sepatu brand lokal saat ini dari segi kualitas produk bisa dikatakan setara dengan sepatu brand impor, namun dihargai dengan harga yang jauh lebih murah. Siapa yang tidak tertarik dengan produk murah namun berkualitas tinggi bukan? Saking bagusnya produk-produk sepatu lokal saat ini, banyak konsumen luar negeri yang juga memesannya lho.

Oleh sebab itu, bisnis sepatu di negeri ini bisa dikatakan memiliki prospek yang cerah. Target pasar pun bisa ditarik ke spektrum yang luas. Mulai dari kelas menengah kebawah sampai ke masyarakat menengah keatas. Modal yang dimiliki juga tidak harus melulu besar. Kamu bisa memulainya dengan memproduksi sepatu dengan jumlah terbatas lalu secara bertahap ditingkatkan jumlah produksinya seiring dengan meningkatnya profit.

Yang terpenting adalah pengetahuan mengenai dunia sepatu, mulai dari proses produksi sampai paham mengenai trend terkini. Jika kamu memiliki pengetahuan yang minim tentang ini, kamu bisa mencari seseorang yang berpengetahuan dan berpengalaman mengenai sepatu berkualitas. Kalau kamu sudah ahli dalam dunia sepatu, maka kamu akan mudah untuk membuat sepatu berkualitas dan dapat memasarkannya kepada segmen yang tepat.

Memasarkan produk sepatu saat ini relatif tidak terlalu sulit. Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan riset desain sepatu. ‘Untuk siapa siapa sepatu tersebut dijual?’ adalah pertanyaan yang paling mendasar dari riset ini. Jika kamu memutuskan untuk mencari segmen yang memiliki jumlah besar, kamu bisa menargetkan masyarakat kelas bawah. Pada segmen ini, harga sepatu adalah yang terpenting. Buat sepatu murah agar dapat menarik jumlah konsumen yang besar walaupun harus mengorbankan kualitas dari sepatu itu. Jika kamu menargetkan masyarakat kelas menengah, disinilah kamu harus memaksimalkan antara keseimbangan harga dan kualitas hingga desain produkmu. Buat sepatu senyaman mungkin, memiliki kualitas sebagus mungkin dengan harga yang wajar sehingga bisa menjadi pesaing berat sepatu-sepatu branded impor.

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here