Ide Kreatif Memulai Usaha Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

384
Memulai Usaha Kerajinan

Pinjammodal.id – Ada banyak sekali ide yang bisa kamu jadikan bisnis untuk meraih keuntungan dan pada akhirnya menambah pendapatan bulanan kamu. Kalau kamu orang yang kreatif dengan tangan, kamu bisa Memulai Usaha Kerajinan dan selain mengkonversikan keahlianmu menjadi sebuah bisnis tentunya dapat penghasilan tambahan, kamu juga bisa menyalurkan hobi pada suatu kegiatan yang positif. Penawaran yang sama sekali tidak buruk bukan?

Memang, usaha yang mengandalkan kerajinan tangan atau dikenal sebagai handicraft sudah tidak lagi jarang ditemukan. Namun bukan berarti peluang untuk Memulai Usaha Kerajinan kamu lebih kecil, justru sebaliknya. Semakin kamu bisa membuat kerajinan yang unik dan menarik, semakin besar peminat produk kamu. Terlebih, usaha jenis ini benar-benar tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa dilakukan dari rumah. Cukup dengan keuletan dan kegigihan, potensi yang dapat diberikan oleh bisnis ini tidak main-main. 

Download Aplikasi Pinjam Modal

Handicraft biasanya sangat digemari kaum wanita, remaja, dan anak-anak. Tiga demografi ini yang wajib menjadi kelompok target penjualan bisnismu. Lakukan riset tren yang sedang terjadi dan manfaatkan barang-barang yang tidak membutuhkan modal besar untuk membuat sebuah produk bermutu tinggi. Bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan modal yang besar, namun meminimalisir cost dan memaksimalkan profit adalah strategi yang baik untuk bisnis kerajinan tangan. 

Untuk referensi atau sebagai inspirasi bisnis kerajinan tanganmu, berikut kami paparkan produk apa saja yang bisa kamu buat dengan tangan kreatifmu.

  1. Aksesori

Kalau kamu tipe orang yang suka buat aksesori sendiri, kamu sangat bisa mencoba bisnis ini. Mulai dari kalung, gelang, ikat rambut, aksesori baju atau bahkan anting bisa menjadi salah satu opsi untuk memulai bisnis kerajinan tanganmu. Selain memang diminati sebagian besar wanita, ternyata aksesori juga diminati kaum adam lho.

Penting untuk kamu memperhatikan tren yang sedang terjadi agar desain aksesorimu terus relevan dan selalu diminati pasar. Selain melihat langsung dari toko-toko aksesoris, kamu juga bisa melihat referensi di Internet. Kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk merakit askesoris yang kamu ingin buat. Sebagian besar bahan-bahan ini mudah ditemukan di toko ATK maupun pasar. Jika kamu pintar dalam mengamati tren dan mentranslasikannya dalam sebuah produk bermutu, aksesori kamu tidak akan kalah dengan aksesori buatan pabrik.

  1. Daur ulang barang bekas

Ini salah satu produk yang bisa kamu buat dengan modal yang minim. Cukup dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai di rumah, kamu bisa memproduksi suatu kerajinan yang berkualitas. Kamu bisa buat pot yang cantik, asbak, vas dari kaleng bekas yang dilukis, tempat pensil dan masih banyak lainnya. Kreativitas menjadi kunci untuk menemukan ide dalam membuat kerajinan tangan daur ulang barang bekas.

  1. Kartu ucapan dan hiasan tulis

Kamu pede dengan tulisan tanganmu? Kalau iya membuat produk ini sangat pas untuk kamu. Setiap orang yang ingin merayakan sesuatu paling tidak pernah terpikir untuk memberikan kartu ucapan kepada orang-orang terdekat. Buatlah kartu ucapan yang sesuai dengan tema-tema tertentu seperti ulang tahun, hari raya besar, wisuda atau ucapan umum untuk harapan selalu sehat.

Selain kartu ucapan, kamu juga bisa membuat pajangan tulisan tangan atau hand lettering yang biasanya dipajang di kafe-kafe atau tempat umum. Manfaatkan media penulisannya seperti kerta, kanvas, atau keramik agar tulisanmu memiliki kualitas yang baik.

  1. Aromaterapi

Aromaterapi sangat berguna untuk membuat kita rileks. Aromanya yang menenangkan juga bisa membuat kita lebih produktif. Karena manfaatnya yang fungsional  itu, saat ini permintaan terhadap produk ini sedang meningkat. Sebagai pebisnis, kamu bisa memanfaatkan peluang ini, terlebih jika kamu memiliki tangan yang kreatif. 

Produk aromaterapi bisa berupa sabun atau lilin yang bahan-bahannya bisa kamu cari di pasaran. Lilin aromaterapi biasanya sangat diminati oleh calon-calon pengantin yang ingin acara pernikahannya diselimuti dengan aroma-aroma menenangkan.

Itulah beberapa referensi untuk memulai bisnis kerajinan tangan yang bisa kamu lakukan dari rumah. Ide-ide lain tentu masih banyak yang bisa ditemukan dan dikembangkan, batasnya hanyalah dirimu sendiri.

Jangan lupa untuk gunakan teknologi seperti internet untuk mencari ide-ide baru dan mempromosikan produkmu agar dapat dilihat banyak orang.

Selamat berkreasi dan mendapatkan pengashilan tambahan ya!

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here