Pinjammodal.id – Tumbuh menjadi dewasa adalah suatu hal yang perlu kita syukuri. Seiring bertambahnya usia kita, kita juga sudah dapat berpikir lebih bijaksana dalam menyaring informasi yang bahkan kita ketahui sejak kecil. Mengetahui mana yang benar dan yang salah. Termasuk mitos-mitos yang sering kali kita dengar bahkan kita percayai.

Tahukah kamu kalo beberapa mitos keuangan yang selama ini kita tahu ternyata salah? Daripada kita mempercayai sesuatu yang salah secara terus menerus, ada baiknya kita mengetahuinya sekarang. Mitos Keuangan Yang Salah, berikut!

Uang Adalah Segalanya

pinjaman uang online pinjam modal

Image Source :Freepik

Sering sekali kita mendengar istilah bahwa Uang adalah segalanya. Bahkan ada juga yang menjadikan uang sebagai tolak ukur kebahagiaan seseorang. Padahal nyatanya tidak. Uang memang bisa membeli berbagai hal, dengan kita memilik uang, kita dapat membeli segala yang kita inginkan. Namun sadarilah bahwa uang akan ada habisnya.

Jika kita tidak dapat mengelola uang yang kita miliki dengan bijaksana, maka uang akan habis juga pada akhirnya. Dan uang tidak dapat bertambah begitu saja, tanpa kita berkerja keras dan berusaha untuk mendapatkan dan mengelolanya dengan baik.

Menyimpan Uang Tunai Lebih Baik Dari Non-Tunai

pinjaman uang online pinjam modal

Image Source :Freepik

Apakah istilah diatas terdengar sangat Old School? Bagi kamu para milenials apalagi gen z, pastinya sudah merasakan keuntungan memiliki saldo non tunai ketimbang tunai, bukan. Pasalnya, saat ini banyak sekali keuntungan yang dapat kita raih dengan menyimpan dan melakukan transaksi non-tunai. Dengan non-tunai, kita dapat melakukan transaksi sapa saja, mulai dari transportasi, membeli makanan, membeli pulsa, membayar pengeluaran rumah tangga, dan lain sebagainya. Non-tunai juga kerap kali dianggap lebih aman untuk menghindari tingkat kejahatan loh.

Bahkan di masa pandemic ini, uang tunai dinilai menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan penyebaran virus. Karena uang tunai dapat di sentuh oleh banyak orang, yang tidak kita ketahui apakah tangan yang digunakan oleh orang tersebut benar-benar bebas dari virus atau kuman lainnya atau tidak. Jadi ada baiknya kita tetap memiliki uang tunai, tapi dalam jumlah secukupnya saja ya.

Lebih Baik Menabung Ketimbang Investasi

(Image Source : Freepik)

Tentu saja menabung tidak akan pernah salah, tapi jika kita hanya menabung saja, pikirkan bahwa kita bisa saja mendapatkan benefit lebih jika kita mulai ber-ivestasi.

Bentuk investasi tidak melulu soal menanam saham atau menabung emas, reksadana, dan lain lain. Investasi dapat saja kita lakukan dengan memulai usaha baru, dari hasil tabungan kita. Kita jadikan sebagai modal awal untuk membuka usaha. Manfaatkan masa pandemic ini sebagai kesempatan untuk kita membuka usaha rumahan, seperti usaha makanan, frozen food, catering. Karena di masa sekarang, permintaan akan makanan sangatlah besar dan menjadi kesempatan untuk kita memulai, karena banyaknya waktu luang lebih untuk memikirikan konsep dan produk apa yang kita ingin tawarkan.

Tentu saja membuka usaha termasuk salah satu investasi yang dapat kamu lakukan, agar kamu dapat menabung bahkan lebih banyak dari sebelumnya.

Baca juga : https://blog.pinjammodal.id/ide-bisnis-online-bagi-pemula/

Jangan Berutang!

pinjaman uang online pinjam modal

(Image Source : Shutterstock)

Pernahkah kamu mendengar saran seperti ini? Banyak orang beranggapan bahwa memiliki utang adalah sesuatu yang memalukan, bahkan dianggap sesuatu yang buruk.

Jangan salah persepsi dengan mitos tersebut. Memang jika kita tidak memiliki utang sama sekali adalah hal yang baik. Akan tetapi setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada kalanya ber-utang memiliki manfaat yang positive. Seperti ber-utang untuk menambah modal membuka usaha.

Pernah dengar istilah Utang progresif atau utang baik?  Utang seperti ini memiliki tujuan yang baik, di antaranya untuk biaya pendidikan, rumah, atau modal untuk berbisnis. Jika kamu ber-utang dan memiliki tujuan diatas, bisa dibilang kamu sama saja sedang ber-investasi. Namun perlu diingat bahwa memiliki utang, sama dengan kamu memiliki tanggung jawab, untuk mengembalikan utang tersebut dan menggunakan dana yang kamu dapatkan benar-benar untuk kebutuhan yang juga dapat menghasilkan ya.

Kartu Kredit itu Berbahaya

Close-up images of multiple credit card handsets

Image Source :Freepik

Banyak dari kita memiliki mindset bahwa memiliki kartu kredit itu bahaya. Mindset itu datang karena banyak kasus-kasus orang yang terjerat utang akibat berlebihan menggunakan kartu kredit, hingga kelewat batas hingga tidak mampu lagi membayar utang tersebut. Itu memang bahaya.

Akan tetapi, jika kita bisa menggunakannya dengan bijak, kartu kredit bisa sangat bermanfaat loh. Tidak jarang kartu kredit menwarkan berbagai reward atau promo potongan harga, sehingga dapat membantu kita untuk lebih berhemat. Asalkan kita menggunakan dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab, tidak ada salahnya memiliki kartu kredit bukan?.

Kesimpulannya sederet mitos diatas merupakan hal yang sering kali kita dengar, tapi dengan cara pandang yang lebih positif terkadang kita bisa mengubahnya menjadi suatu keuntungan untuk mengelola keuangan kita dengan cara yang lebih smart. Gunakan dana apapun dengan bijaksana, dan mulai untuk berivestasi sejak dini ya, sahabat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here