MUSIM FLU? BERIKUT INI CARA MENCEGAHNYA

0
47

Pinjammodal.id – Cuaca akhir-akhir ini sulit terprediksi, ada kalanya hujan deras, ada kalanya panas menyengat. Kondisi ini sering kali di sebut orang sebagai musim pancaroba dan sering kali di anggap sebagai musim flu. Akibatnya banyak orang-orang terkena penyakit flu. Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan pengidapnya yaitu, demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan. Gejala flu akan bertambah parah selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan sembuh.

Lalu apa saja tips-tips untuk mencegah terkena flu? Yuk simak tips berikut ini:

Olahraga

Ketika berolahraga, level stres Anda langsung turun dan otak melepaskan hormon endorfin. Endorfin merupakan zat yang meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara alami. Dari semua jenis olahraga, yoga sangat baik untuk kekebalan tubuh. Tapi jika Anda sudah sakit, berolahraga bukan ide yang baik.

Tidur berkualitas

Kurang tidur bisa berpengaruh banyak pada kekebalan tubuh Anda. Usahakan tidur minimal 8 jam sehari kalau tak ingin terbangun dengan flu di pagi harinya.

Minum banyak cairan

Sebelum, selama, dan setelah sakit, cairan adalah teman terbaik Anda.

Konsumsi vitamin

Vitamin meningkatkan kekebalan tubuh Anda, jadi makanlah banyak buah-buahan dan sayuran. Buah jeruk adalah pilihan yang baik, karena mereka sarat dengan vitamin C, vitamin utama untuk kekebalan. Kekurangan protein juga mempengaruhi kekebalan Anda, jadi cobalah untuk makan lebih banyak protein selama beberapa hari untuk menopang pertahanan Anda.

Minum teh lemon

Lemon sarat dengan vitamin C, sedangkan madu dan kayu manis adalah kombinasi antibakteri dan antivirus yang kuat.

Hindari rokok dan alkohol

Studi menunjukkan bahwa perokok bisa pilek jauh lebih sering daripada non-perokok, karena bahan kimia dalam asap mempengaruhi imunitas. Alkohol juga berpengaruh pada kekebalan Anda, jadi hindari minum-minum jika Anda tau sudah ada tanda-tanda akan flu. Minum juga membuat Anda tidur kurang berkualitas, dan ingat, tidur penting untuk kekebalan. Flu dapat menyebar memalui bersin dan batuk pengidapnya atau benda yang disentuh pengidap flu. Untuk mencegahnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Selalu mencuci tangan dan menggunakan masker saat bepergian, terutama jika orang di sekitar ada yang mengidap flu

Flu dapat menyebar memalui bersin dan batuk pengidapnya atau benda yang disentuh pengidap flu. Untuk mencegahnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Selalu mencuci tangan dan menggunakan masker saat bepergian, terutama jika orang di sekitar ada yang mengidap flu.

Image Source : home.bt.com

Author by : Devina Mulya
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here