Pinjammodal.id – Sahabat Pinjam Modal, sering mengalami kram otot secara tiba-tiba? Kram otot bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya otot kram karena kurang pemanasan saat berolahraga, tubuh dehidrasi, stres atau tubuh dibuat bergerak mendadak sehingga tegang. Kram otot merupakan kontraksi kuat atau mengencangnya otot, yang terasa sakit dan muncul tiba-tiba, berlangsung dari beberapa detik hingga hitungan menit. Kondisi ini terjadi di bagian kaki.

Pada malam hari biasanya sering terjadi kram otot apalagi saat kita sedang tertidur, kram otot merupakan kejang atau mengencangnya otot pada betis secara tiba-tiba. Kram otot kadang dapat terjadi di paha atau kaki. Tidak hanya sata tertidur, sering kali kran terjadi saat kita bangun.

Beberapa obat dan kondisi medis tertentu dapat juga menyebabkan kram otot. Anda biasanya dapat mengatasi kram otot di rumah dengan perawatan sendiri.

Namun tak banyak yang tahu bahwa kram otot ternyata bisa jadi tanda kekurangan nutrisi tertentu di dalam tubuh.

Dalam jurnal American Family Physician menemukan bahwa otot kram tiba-tiba bisa jadi tanda tubuh kekurangan kalsium dan magnesium. Kalsium dan magnesium memang memiliki peran yang sangat penting dalam kontraksi otot yang normal, kekurangan dua mineral ini akan menyebabkan seringnya kram otot.

Kebutuhan magnesium pada umumnya untuk perempuan dewasa usia 19-30 tahun adalah 255 hingga 310 mg, dan untuk perempuan usia 31 ke atas sebesar 265 hingga 320 gr. Selain untuk mencegah terjadinya kontraksi otot, magnesium juga bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh, menghasilkan enzim, menjaga kesehatan tulang, dan jantung, serta mengurangi risiko diabetes.

Magnesium bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti buah dark coklat, alpukat, pisang, kacang-kacangan, tahu, tempe, susu, ikan dan biji-bijian.

Author by : Devina Mulya 
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here