Peluang Usaha dari Demam Gowes

26
Peluang Usaha dari Demam Gowes

Pinjammodal.id – Peminat sepeda kini sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bersepeda tidak lagi hanya dianggap sebagai moda transportasi saja, namun juga sebagai gaya hidup dan olahraga. Pandemi Covid-19 juga memiliki peran dalam tren ini. Banyak orang yang harus bekerja di rumah merasa kurang memiliki aktifitas fisik. Hal ini membuat sejumlah orang melirik Peluang Usaha dari Demam Gowes sembari bersepeda untuk menjaga kebugaran sekaligus untuk mengisi waktu luang.

Akibat tren demam gowes ini, permintaan sepeda jadi membeludak. Pengusaha-pengusaha sepeda dibanjiri order dan mengalami peningkatan omset yang besar. Fenomena ini banyak membuat orang yang memiliki jiwa pengusaha tergiur untuk berperan mengambil Peluang Usaha dari Demam Gowes. Ternyata ada banyak alternatif-alternatif bisnis sepeda yang dapat dimanfaatkan. Lalu apa saja alternatif bisnis sepeda tersebut? Yuk simak penjelasannya!

  1. Jual aksesoris sepeda

Penggiat sepeda banyak memerlukan aksesoris tertentu bagi sepeda kesayangannya. Pengusaha bisa memanfaatkan tren bersepeda dengan menjual aksesoris sepeda seperti helm sepeda, sarung tangan, pelindung siku dan lutut, lampus sepeda hingga gembok sepeda. Lakukan promo-promo via media sosial yang secara khusus menargetkan komunitas atau kelompok penggiat sepeda agar penjualan semakin  gencar.

  • Jual spare part sepeda

Sparepart atau suku cadang sepeda adalah barang wajib yang harus dibeli oleh pemilik sepeda yang mengalami kerusakan. Spare part sepeda bisa dijual langsung ke pelanggan via media sosial atau bisa juga dijual ke bengkel-bengkel yang membutuhkan. Jangan lupa untuk membangun jaringan diantara penjual spare part agar bisa saling membantu mencari spare part langka.

  • Jual –  beli sepeda bekas

Banyaknya sepeda di pasaran membuat banyak orang befikir lama untuk memilih sepeda yang ingin dia beli. Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan calon pembeli adalah harga. Tidak semua orang mampu membeli sepeda baru yang harganya cukup mahal. Mereka yang berpenghasilan rendah tentu melihat sepeda bekas menjadi salah satu pilihan yang realistis. Inilah yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha.

Membuka toko sepeda bekas tidak jauh berbeda dengan membuka toko sepeda baru. Selain modal, calon pengusaha harus memperluas pengetahuannya mengenai sepeda. Kuasai dulu tentang jenis-jenis sepeda, nama-nama spare part, dan bagaimana merawatnya.

  • Buka bengkel sepeda

Demam gowes membuat jumlah pemilik sepeda meningkat secara tajam. Peningkatan ini ternyata dibarengi dengan peningkatan jumlah sepeda yang harus masuk ke bengkel. Peluang bisnis ini prospeknya sangat cerah sehingga patut untuk dicoba.

Jasa bengkel sepeda bisa berupa merakit sepeda, memodifikasi sepeda, hingga memperbaiki bagian sepeda. Tantangan yang mungkin akan dihadapi bisnis ini adalah kelangkaan spare part untuk tipe sepeda tertentu. Oleh karena itu membangun jaringan diantara mekanik sepeda sangat disarankan.

Itulah alternatif bisnis sepeda yang bisa dijajal oleh sahabat usaha. Namun perlu diingat bahwa setiap usaha memiliki risiko yang harus dihadapi. Untuk bisnis sepeda yang sedang tren ini, harus dipikirkan bahwa tren tersebut suatu saat akan berhenti sehingga penjualan pun akan menurun. Namun jangan khawatir, karena setiap usaha jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan bisa melewati segala jenis rintangan yang menghadang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here