Pentingnya Review Pelanggan

17
Pentingnya Review Pelanggan

Para pemilik online shop, apa sih arti pelanggan buat kamu? Bagi para pebisnis, pastinya paham bagaimana peran pelanggan atau konsumen bagi kelangsungan bisnis. Bayangkan, tanpa adanya mereka, bisnis kita tidak akan berjalan bukan?.

Saat ini, bagi toko online testimoni atau yang biasa di sebut review pelanggan sangatlah berpengaruh terhadap ketertarikan calon konsumen untuk membeli produk di toko online kamu. Coba kita lihat, bagaimana saat ini toko-toko online baik di sosial media, maupun di marketplace pasti mengejar para konsumennya untuk memberikan rating berupa bintang, maupun penilaian berupa gambar, video, atau sekedar feedback tulisan pendapat konsumen tentang barang yang telah dibelinya.

Dilansir dari kompasiana, laporan tahunan yang dikeluarkan We Are Social menunjukkan bahwa ada 89% mencari informasi mengenai toko online kamu di internet dan dari review online sebagai pertimbangan untuk berbelanja. Dari jumlah tersebut sebanyak 80% pelanggan akan merubah pikiran mereka untuk tidak membeli ketika ada review buruk mengenai produk tersebut. Jadi sudah kebayang kan betapa pentingnya review pelanggan bagi kelangsungan toko online kamu?.

Berikut ini adalah beberapa manfaat review pelanggan :

1. Meningkatkan kepercayaan calon konsumen

Review atau testimoni pelanggan bisa sangat berdampak untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Karena, review dari orang lain dianggap lebih original, lebih nyata, dibandingkan sekedar melihat foto katalog yang sudah bagus di profile toko online kamu. Sehingga review asli pembeli sebelumnyalah yang akan menjadi patokan dari calon pembeli untuk mengambil keputusan.

2. Bahan evaluasi

Penilaian dari pelanggan baik ataupun buruk, bisa kamu ambil sebagai bahan evaluasi. Sebab dengan mendengarkan pelanggan dan memahami kebutuhan dan keluhan mereka, akan menjadi bahan untuk toko kita semakin lebih baik.

3. Sebagai marketing konten

Review pelanggan akhir-akhir ini seringkali dijadikan sebagai ide kreatif dalam membuat konten loh. Banyak toko online yang mengutip kata-kata asli dari pelanggan untuk di posting di media sosial dan menumbuhkan interaksi bagi para audiens lainnya.

4. Meningkatkan popularitas toko

Jika kamu memiliki toko online, terutama di marketplace, semakin tinggi nilai rating dan penjualan kamu, maka akan berpotensi meningkatkan popularitas toko online kamu di marketplace tersebut. Dampaknya tentu akan sangat berpengaruh kepada kepercayaan pelanggan terhadap toko onlinemu.

Nah itulah alasan pentingnya review pelanggan. Yuk pastikan kamu memiliki beragam strategi agar para pembeli kamu tidak lupa untuk memberikan penilaian jujur mereka tentang toko online kamu dari berbagai aspek.

Pastikan kamu juga melakukan hal yang sama ya, jika kamu adalah pelanggan, jangan segan-segan memberikan waktu sedikit untuk mereview produk mereka.

#BekaliLangkah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here