Pentingnya UMKM Melek Digital

167
Mengapa UMKM Harus Melek Digital

(Image Source : Pexels.com)

Pinjammodalid – Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini berdampak kepada seluruh aspek kehidupan di masyarakat. Hal ini menuntut kita untuk bisa beradaptasi dengan era teknologi ini. Jika kita tidak mampu beradaptasi, akibatnya kita yang akan tertinggal.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Lalu, mengapa UMKM harus melek digital? Bagi seluruh UMKM di Indonesia, kemampuan untuk bertahan harus diiringi dengan kemampuan beradaptasi dengan dunia digital. Hal ini bisa menjadi senjata penjualan yang lebih efisien dan justru bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Segala keraguan untuk mulai mempelajari teknologi harus dibuang jauh-jauh agar tidak ketinggalan.

Apa yang harus dilakukan untuk bisa bertahan di era digital?

  1. Tidak berhenti belajar dan memulai

Segala sesuatu hal dapat dimengerti jika kita bisa memulai untuk mempelajari hal tersebut. Sama halnya dengan dunia digital, dengan meluangkan waktu untuk mempelajari cara berjualan diinternet kamu tentunya bisa memahami dan memulai untuk menjalankan UMKM secara online.

2. Mulai membuat akun sosmed untuk berjualan

Membuat akun sosial media tidaklah sulit, kamu bisa mendaftarkan diri hanya dengan alamat email dan nomor ponsel. Kamu bisa mengeksplor fitur dan konten apa saja yang ditawarkan toko online di sosial media. Kamu bisa mempelajari dengan cara sering melihat dan mempelajari bagaimana pesaing berjualan lewat media sosial.

3. Mencari tahu berbagai aplikasi

Saat ini muncul berbagai jenis aplikasi yang bisa menunjang para UMKM untuk go digital. Mulai dari aplikasi untuk berjualan seperti e-commerce, aplikasi pencatatan keuangan digital, aplikasi untuk mengedit foto, aplikasi untuk mengukur keberhasilan suatu konten, dan aplikasi finansial untuk peminjaman modal usaha. Hal tersebut perlu di cari tahu untuk mempermudah kamu dalam ‘melek digital’.

4. Memperluas pengetahuan digital marketing

Digital marketing memiliki banyak sekali keuntungan jika kamu mengerti bagaimana cara memanfaatkannya. Dengan digital marketing, kamu bisa memperluas pasar yang secara langsung dapat mempengaruhi kenaikan omzet jualan kamu. Dengan Teknik digital marketing, kamu bisa memasarkan produk dan toko kamu kepada masyarakat luas. Seabagi contoh kamu bisa beriklan di Youtube, google, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk UMKM kamu, bisa beradaptasi di era digital. Hal-hal diatas mungkin baru sebagian kecil saja. Tapi dapat kamu praktekan untuk bisa menunjang usaha yang sedang kamu rintis. Tentunya Pinjam Modal paham dengan kebutuhan kamu. Saat ini dengan kamu mengajukan pinjaman melalui aplikasi Pinjam Modal, kamu bisa mendapatkan gratis e-book dengan judul ‘Pemasaran Berbasis Digital’, buku ini tentunya bisa sangat bermanfaat untuk mendalami dunia digital marketing. Jadi jangan ragu lagi, yuk download aplikasi Pinjam Modal di Playstore dan Appstore, dan ajukan permodalan kamu sekarang! #BekaliLangkah

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here