Peran Fintech Dalam Membantu UMKM

41
Peran Fintech Dalam Membantu UMKM

(Image Source : Pexels.com)

Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu, bagaimana peran Fintech dalam dalam membantu UMKM Indonesia. Seperti dilansir dari theconversation.com, di Indonesia yang merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, usaha kecil dan menengah (UKM) berkontribusi sekitar 60% persen dari perekonomian negara dan menyerap 97% tenaga kerja. Namun, meski ada lebih dari 60 juta UKM di Indonesia, hanya 12% yang bisa mendapatkan pembiayaan atau pinjaman modal usaha dari bank.

Ditambah lagi dengan situasi seperti saat ini, di mana Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang telah memperburuk situasi bagi UKM-UKM ini. Menurut data yang tersebar, hampir 50% atau sekitar 30 juta UKM terpaksa gulung tikar, akibat terkena dampak pandemi ini.

Karena hal tersebutlah Fintech hadir di Indonesia untuk membantu para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya, namun memiliki kebutuhan dari sisi permodalan. Karena saat ini masih banyak sekali UMKM terutama yang berada di kota-kota kecil, masih belum terjangkau oleh bank. Fintech memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mendapatkan akses keuangan modal usaha cukup dengan menggunakan perangkat ponsel.

Kehadiran Fintech juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah. Dengan adanya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjadi regulator ditengah kehadiran Fintech, hal ini menjadi jaminan keamanan data masyarakat dan pengguna Fintech. Selain itu, OJK juga memastikan setiap perusahaan Fintech berperan sebagaimana mestinya, mentaati setiap regulasi yang telah ditetapkan oleh OJK. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk mendapatkan akses keuangan, terutama untuk kebutuhan modal usaha.

Pinjam Modal merupakan Fintech yang turut berperan dalam menjangkau setiap lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya para pelaku UMKM online, agar dapat mengembangkan usahanya dengan akses penambahan modal usaha yang mudah dijangkau dan proses yang lebih cepat. Dengan permodalan yang kami berikan, besar harapan kami untuk bisa membekali Langkah UMKM untuk membantu memajukan perekonomian Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here