Perbedaan Kopi Americano, Cappuccino, Latte, Mocha, Flat White, dan Piccolo

10292
coffee latte

Kopi adalah minuman klasik yang sudah ditemukkan 3000 tahun yang lalu, popularitasnya terus berkembang hingga saat ini menjadi minuman terpopuler di dunia yang dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Selain nikmat rasanya, kopi  dikonsumsi untuk menemani kita belajar atau bekerja supaya tak mengantuk. Ternyata, kopi juga punya khasiat untuk kesehatan kita, karena dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Download Aplikasi Pinjam Modal

Negara kita Indonesia juga terkenal akan produksi kopinya hingga ke mancanegara, dan Indonesia sendiri sudah mampu memproduksi 400 ribu ton kopi/tahunnya. Saat ini kopi sedang hits di kalangan millennial sebagai minuman kekinian, contohnya kopi Janji Jiwa, FORE, Kulo, Kopi Soe, STARBUCKS, dan lainnya.

Namun banyak kaum muda yang sebenarnya tak paham akan perbedaan dari kopi beda Latte dan Cappuccino, lalu Americano, Mocha,  Flat White, dan Piccolo. Semua jenis kopi ini berasal dari biji kopi yang diolah menjadi espresso.

Pada dasarnya, perbedaanya terletak dari cara pembuatan dan campurannya. Berikut detail perbedaannya:

1. Americano

Americano dibuat dengan mencampurkan satu seloki espresso (ekstraksi biji kopi) dengan air panas. Istilah Americano bermunculan saat Perang Dunia II, dimana tentara Amerika di Italia selalu mencampurkan air panas ke dalam kopi mereka sampai ke takaran pas yang biasa mereka minum, sehingga Americano menjadi sebutan kopi untuk orang Amerika

2. Cappuccino

Cappuccino identik dengan buih susu dan bubuk coklat yang ditabur diatas buih tersebut. Bahan cappuccino adalah 1/3 kopi, 1/3 susu panas, dan 1/3 buih susu. Cappuccino punya rasa kopi yang lebih strong jika dibandingkan dengan latte.

3. Latte

Latte merupakan jenis kopi yang lebih terasa susunya jika dibandingkan dengan cappuccino, sehingga untuk para pemula yang takut dengan rasa kopi yang terlalu strong, sering menjadikan latte menjadi pilihan.

Kopi Latte juga terkenal dengan latte artnya. Namun banyak yang tak tahu bahwa kunci dari latte art yang indah merupakan proses pembuatan latte sendiri. Yaitu, saat steaming susu atau penghangatan susu dengan uap air. Proses steaming bertujuan untuk menghasilkan suhu yang sesuai untuk menhangatkan susu agar menghasilkan micro foam, yang digunakan untuk latte art.

4. Flat White

Banyak yang menganggap bahwa kopi Flat White adalah versi kecil dari latte karena penyajiannya yang seringkali menggunakan cangkir yang lebih kecil. Pendapat tersebut tak sepenuhnya salah, karena bahan untuk membuat flat white sama dengan latte. Perbedaannya latte menggunakan double shots espresso sedangkan flat white menggunakan single shot espresso.

Akan tetapi, rasa flat white sendiri lebih strong jika dibandingkan dengan latte dan cappuccino, flat white juga terasa lembut dan creamy karena adanya velvet microfoam (bubbles kecil) dari susu yang tekturnya lebih besar dan kaku disbanding foam pada latte. Intinya flat white terdiri dari single shot espresso dan velvet microfoam

5. Mocha

Perbedaan Kopi Americano, Cappuccino, Latte, Mocha, Flat White, dan Piccolo

Mocha merupakan campuran antara espresso dengan coklat, sehingga mocha memiliki rasa yang manis jika dibandingkan dengan jenis minuman kopi lainnya. Campuran coklat utuk mocha sendiri bisa bervariasi, bisa dark chocolate, milk chocolate, maupun chocolate syrup, tergantung selera peminumnya. Seringkali penyajian mocha juga ditambah whipped cream diatasnya.

6. Piccolo

Perbedaan Kopi Americano, Cappuccino, Latte, Mocha, Flat White, dan Piccolo

Piccolo adalah kopi yang disajikan dalam cangkir kecil, namun rasanya sangat enak. Kunci dari rasa piccolo ini adalah kandungan 15- 20 ml ristretto shot, yang merupakan bagian terbaik dari proses ekstraksi Espresso karena teksturnya lembut dan kadar asamnya pun sedikit akibat lamanya proses ekstraksi.

Saat meminum Piccolo akan muncul rasa kuat Ristretto, namun tetap ada rasa legit susu yang terkadang muncul. Untuk membuat secangkir Piccolo dibutuhkan 100 ml steamed milk, dan ristetto shot.

Author by : Stephanie Sabrina
IG : @stephaniesabrinaaa

Itulah penjelasan seputar perbedaan masing-masing jenis kopi yang biasa kita minum. Nah bagaimana, apakah setelah membawa artikel ini kamu mulai tertarik untuk menjalankan bisnis kopi kekinian? Jika iya, kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman usaha online di pinjammodal.id! 🙂

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here