Pinjammodal.id – Perkembangan zaman menciptakan banyak perubahan di dunia. Satu diantara sekian banyak yang berubah adalah teknologi. Di masa-masa sekarang ini, waktu terasa bergerak begitu cepat, tanpa disadari hal itu menjadikan kita generasi yang ingin serba cepat dan instant. Oleh karenanya dibutuhkan dukungan teknologi untuk mewujudkannya. 

Teknologi membuat manusia melakukan bermacam-macam kegiatan dengan lebih mudah. Bukan hanya mudah tetapi dapat lebih efektif dan efisien. Perkembangan teknologi membuat banyak perubahan, tak terkecuali dalam bidang keuangan. Teknologi keuangan ini tidak lain adalah munculnya istilah Fintech atau Financial Technologi. Istilah ini muncul diawal tahun 2000-an. Fintek pada umumnya lebih berpusat pada perusahaan yang melakukan inovasi di bidang jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern. 

Jika dihitung hingga sekarang keberadaan fintech sudah 20 tahun lamanya. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa saja layanan perusahaan fintech jaman now! Yuk simak selengkapnya :

Layanan Perusahaan Fintech

Seiring dengan berkembangnya teknologi, pengertian dari Fintech juga semakin berkembang. Nah, melonjaknya perkembangan fintech membuat banyak nya juga layanan yang bisa didapatkan dari Fintech. 

Fintech Digital Payment 

Fintech ini pastinya sudah familiar ya , Fintech ini bergerak di bidang penyediaan layanan berupa pembayaran semua tagihan seperti pulsa & pascabayar, kartu kredit, atau token listrik PLN.  Fintek ini juga sudah sangat dekat dengan masyarakat, karena manfaat nya yang memudahkan kita untuk membayar segala macam tagihan dengan lebih mudah dan cepat.

Fintech Microfinancing

Microfinancing adalah salah satu layanan Fintech yang menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membantu kehidupan dan keuangan mereka sehari-hari. Micro sendiri siambil dari usaha micro yang cenderung istilah untuk usaha menengah ke bawa. Kebanyakan masyarakat dari golongan ekonomi ini tidak memiliki akses ke institusi perbankan, maka mereka pun mengalami kesulitan untuk memperoleh modal usaha untuk mengembangkan usaha mereka. Microfinancing berusaha menjembatani permasalahan tersebut dengan menyalurkan secara langsung modal usaha dari pemberi pinjaman kepada calon peminjam. Sistem bisnis yang dirancang juga terbilang tidak rumit, karena ditujukan untuk masyarakat yang justru berada diluar jangkauan bank, contohnya masyarakat pedesaan yang memiliki usaha kecil.

Fintech Crowdfunding

Di masa-masa seperti ini, salah satu jenis layanan fintech ini merupakan model Fintech yang sedang populer di seluruh dunia. Crowdfunding atau penggalangan dana membuat masyarakat dapat menggalang dana atau berdonasi untuk suatu program sosial yang mereka pedulikan. Salah satu contohya adalah penggalangan untuk masyarakat yang terdampak ekonominya karena panemi COVID-19 atau penggalangan dana untuk bencana alam, dan lain sebagainya.

Market Comparison 

Layanan Fintech ini merupakan situs untuk masyarakat dapat membandingkan satu fintech dengan fintech lainnya. Dengan Fintech ini, Sahabat Pinjam Modal dapat membandingkan berbagai macam produk keuangan dari berbagai penyedia jasa keuangan. Dengan bantuan Fintech, kamu bisa mendapatkan beberapa pilihan investasi untuk kebutuhan di masa depan dan bisa juga menyediakan perencanaan keuangan yang efektif juga. 

Fintech P2P Lending

Fintech P2P Lending / Peer to Peer Lending ini memiliki layanan untuk peminjaman uang. Fintech ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan akses keuangan untuk memenuhi kebutuhan. Dengan layanan yang diberikan oleh P2P Lending ini, kamu dapat meminjam uang dengan lebih mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup tanpa harus melalui proses berbelit-belit yang sering ditemui di bank konvensional. 

Dari berbagai macam layanan yang diberikan oleh Fintech di Indonesia, adakah yang sudah kamu coba? Apakah kamu sudah paham dengan berbagai layanan Fintech di Indonesia?. Semoga dengan kehadiran Fintech ini, senantiasa dapat membantu inklusi keuangan di Indonesia ya, Sahabat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here