Pinjammodal.id– Senin (19/8/2019) kemarin, terjadi kerusuhan di Manokwari, Papua Barat. Aksi rusuh ini disebabkan oleh kejadian yang terjadi di Surabaya dan Malang, yang menyebut telah menghina warga Papua. Dalam  kerusuhan tersebut diketahui masyarakat Papua sempat membakar Gedung DPRD dan beberapa kantor instansi lainnya.

Dilansir dari Kompas.com, setelah pegelaran pertemuan tertutup tertutup di Mapolda Jatim, Senin (19/8/2019), Piter Frans Rumaseb selaku Ketua Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya memastikan bahwa warga Papua yang berada di Surabaya dalam kondisi aman. “Mama di Papua dan Papa di Papua dan semua saudara saya di Papua, kami semua di sini aman. Anak-anak kuliah juga aman, tidak usah khawatir yang berlebihan. Kita semua di sini anak-anak Ibu Pertiwi, ungkap Frans. Untuk itu, beliau meminta agar warga Papua tidak perlu khawatir berlebih.

Terkait kabar adanya pengusiran terhadap mahasiswa Papua dari asrama di Jalan Kalasan, Surabaya juga dianggap tidak benar oleh Frans. Kepada wartawan Kompas.com, Frans menyatakan pendapatnya, menurut beliau aparat kepolisian justru berusaha melindungi masyarakat Papua. . “Mereka justru diamankan oleh polisi dari potensi tekanan dari ormas dan kembali dipulangkan pada malam hari. Saya yang mengawal di kepolisian sampai kembali ke asrama,” papar Frans

Mengenai  beredarnya foto mahasiswa yang tewas dan menyebar di media sosial, dipastikan Frans hal tersebut itu adalah kabar bohong atau hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan terkait adanya informasi kasus perusakan bendera atau ujaran dari pihak-pihak yang membuat masyarakat Papua tersinggung, hal ini diserahkan Frans sepenuhnya kepada pihak kepolisian.

Beberapa waktu  lalu, Polda Jawa Timur sudah membantah melakukan penangkapan mahasiswa asal Papua. Frans  menyatakan, jumlah warga Papua di Surabaya lebih dari 1.000 orang, termasuk mahasiswa. Ada 27 koordinator wilayah mahasiswa yang tersebar di seluruh Kota Surabaya. Frans mengungkapkan, “Kami di Surabaya aman-aman saja karena juga bagian dari warga Surabaya,”

Sumber : kompas.com

Author by : Stephanie Sabrina
IG : @stephaniesabrinaaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here