Persiapan Menyambut Bulan Ramadan

26
Persiapan Menyambut Bulan Ramadan

(Image Source : Photo by mentatdgt from Pexels)

Pinjammodalid – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Ramadan di percaya oleh para umat Muslim diseluruh dunia sebagai bulan yang suci dan bulan untuk mengumpulkan pahala. Di bulan ini juga umat Muslim melakukan berbagai aktifitas keagamaan, salah satunya adalah berpuasa selama satu bulan penuh.

Lalu untuk menyambut bulan penuh berkah ini, apa saja sih yang perlu sahabat siapkan agar bulan suci ini bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini persiapan menyambut bulan ramadan yang penuh berkah :

  1. Persiapkan Tubuh dan Jasmani

Pada masa bulan Ramadan, umat Muslim akan melaksanakan puasa selama 30 hari penuh, sedangkan aktifitas sehari-hari terus berjalan. Untuk itu sahabat perlu untuk mempersiapkan kekuatan tubuh dan jasmani yang prima. Hal ini juga berguna agar kamu bisa menjalankan puasa dengan lebih semangat dan tentunya bisa mengumpulkan pahala selama bulan suci ini. Rutinlah meminum vitamin, berolahraga ringan, dan memiliki istirahat yang cukup.

2. Siapkan Kebutuhan Berpuasa Secukupnya

Menyambut bulan suci ini, pastinya sahabat memiliki beberapa kebutuhan untuk melengkapi ibadah kamu nih. Siapkanlah kebutuhan-kebutuhan Ramadan secukupnya, seperti sajian untuk berbuka dan juga sahur, kemudian sembako ataupun perlengkapan beribadah. Pastikan hal ini sudah dipersiapkan terlebih dahulu ya.

3. Menyiapkan Amal

Sahabat, beramal tentunya merupakan hal baik yang harus dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun dalam bulan suci ini alangkah baiknya kamu mempersiapkan amal dengan menyisihkan penghasilan kamu untuk orang-orang yang membutuhkan. Berzakat atau bersedekah dapat membuat hati lebih tenang dan pastinya membawa kebahagiaan bagi orang lain yang membutuhkan

4. Memperkuat Iman

Dasar dari melaksanakan ibadah puasa adalah mampu memperkuat iman. Persiapan secara keimanan dilakukan dengan mengendalikan diri dari emosi dan juga kebiasaan buruk yang biasa dilakukan sehari-hari. Hal ini memang tidaklah mudah, tapi dalam momen bulan puasa ini justru kita semua bisa melatih diri untuk membentuk pribadi yang lebih baik dan menjadi manusia yang tahan uji dan kuat imannya.

Demikian adalah beberapa persiapan menyambut bulan ramadan, semoga saja para sahabat usaha bisa menjalankan ibadah puasa dengan penuh hikmah dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadan 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here