Persiapan Sebelum Vaksin Covid-19

24
Persiapan Sebelum Vaksin Covid19

Pinjammodalid – Kabar baik datang dari dunia kesehatan. Pada tahun 2021 ini, Vaksin Covid-19 sudah mulai disebarkan oleh Pemerintah Indonesia. Seperti angin segar, berita ini pun membawa harapan baru bagi seluruh lapisan masyarakat. Pandemi ini sudah dirasakan selama satu tahun penuh sejak awal Maret 2020 hingga kini. Banyak dari masyarakat yang merasakan dampak buruk, mulai dari kehilangan pekerjaan, penurunan omzet bagi UMKM, bahkan hingga kehilangan orang terkasih.

Oleh karena itu dengan adanya vaksin Covid-19 ini, tentunya membangkitkan semangat dan antusias masyarakat. Dilansir dari situs Halodoc, terdapat beberapa kategori yang telah ditentukan oleh pemerintah untuk urutan mendapatkan vaksin ini, mulai dari tenaga kesehatan, petugas pelayanan umum, dan lansia. Setelahnya adalah giliran masyarakat luas yang rentan tertular jika dilihat dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Sebelum kamu mendapatkan vaksin Covid-19 kamu harus melakukan beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan, seperti :

  1. Mengobati Alergi

Beberapa reaksi alergi mungkin sudah dilaporkan terjadi pada penerima vaksin. Jadi, jika kamu memiliki alergi terhadap obat, atau mungkin komposisi dari vaksin, maka sebaiknya mulai minum obat alergi seperti obat antihistamin dan jangan menghentikannya sebelum vaksinasi dilakukan. Meski obat anti alergi tidak sepenuhnya efektif, tetapi ia diyakini bisa menguranginya. Namun, jika kamu memiliki riwayat reaksi alergi yang parah terhadap vaksin dosis pertama, sebaiknya diskusikan dengan dokter mengenai hal ini.

2. Hindari Alkohol

Dalam beberapa keadaan, alkohol dapat mempercepat reaksi alergi. Konsumsi alkohol juga disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Ini karena alkohol bisa mengganggu kerja imun, sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh.

3. Tidak Berolahraga Berat

Pastikan untuk menghindari olahraga berat 2 jam sebelum dan sesudah vaksinasi. Hindari juga mandi air panas 2 jam sebelum dan sesudahnya, karena olahraga dan mandi air panas yang kuat dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

4. Memaksimalkan Sistem Imun

Memiliki sistem kekebalan yang paling optimal juga merupakan salah satu persiapan sebelum vaksin. Kamu bisa mengkonsumsi campuran vitamin dan mineral yang tepat untuk membantu memperkuatnya. Meski sejauh ini belum ada data ilmiah yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin, mineral, atau probiotik sebelum vaksinasi akan mencegah reaksi alergi, tidak ada salahnya untuk melakukan hal-hal yang disarankan dokter untuk membantu meningkatkan imun.

5. Tidur Cukup

Sebelum mendapatkan vaksin, kamu juga harus mendapatkan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah vaksin, kamu juga perlu istirahat karena sangat mungkin reaksi seperti nyeri tubuh, menggigil, dan demam ringan terjadi. Jadi dengan beristirahat, kamu bisa memaksimalkan tubuh untuk melawan efek samping ini.

6. Kelola Stres

Faktanya, stres sangat berpengaruh pada kerja imun. Selain itu, stres berkepanjangan bisa meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.

(Tips ini dilansir dari website resmi Halodoc.com)

Itulah beberapa persiapan yang perlu kamu siapkan sebelum menerima vaksin Covid-19. Bagi kamu sahabat usaha, tentunya hal ini adalah kabar yang sangat baik. Mari sambut kabar gembira ini dengan semangat untuk tetap bekerja keras dan berusaha. Badai pandemi ini pasti akan segera berlalu! Tetap semangat dan tetap disiplin menjalankan 3M Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak aman yaaa.

#BekaliLangkah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here