WASPADA! : Pinjaman Online Ilegal Menjamur, Ini Cara Melaporkan ke OJK

374
Pinjaman Online Ilegal

Pinjammodalid – Pandemi Covid-19 ini memang banyak memberikan dampak bagi masyarakat, terutama terhadap perekonomian. Banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi akibat banyaknya perusahaan yang mengurangi jumlah pekerja, terpaksa memotong sebagian gaji karyawan, atau bagi yang berwirausaha merasakan dampak merosotnya pemasukan akibat sepi pelanggan. 

Seiring kesulitan ekonomi yang memuncak, semakin meningkat pula kebutuhan masyarakat akan peminjaman uang. Namun masyarakat harus waspada, sebab kejadian ini banyak dimanfaatkan oleh fintech peer to peer (P2P) lending ilegal alias pinjaman online (pinjol) illegal. Sebelum kamu terjebak dalam pinjaman online illegal, ada baiknya kamu jeli dan melakukan pengecekan lebih lanjut, sebab biasanya, tiap pinjol akan memiliki kontak maupun media sosial yang bisa kamu telusuri. Sebelum meminjam, pastikan kamu hanya melakukan kontak dengan nomor resmi yang biasanya tertera pada laman resmi dari penyedia layanan pinjaman online tersebut. 

Apakah kamu pernah mendapatkan sms yang berisikan tawaran pinjaman dengan jumlah besar dan pencairan yang cepat? Mungkin kamu adalah salah satu calon korban yang bisa-bisa membuat kamu terjebak pinjaman online illegal ini. Lebih baik kamu melaporkan pinjol illegal ini, sebelum kamu atau bahkan orang lain menjadi korban dari keganasan Fintech Ilegal ini, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini :

  1. Lapor ke situs resmi OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga resmi yang mengawasi seluruh kegiatan keuangan di Indonesia. Anda bisa berkunjung ke https://www.lapor.go.id/instansi/otoritas-jasa-keuangan untuk membuat laporan online, dengan mengisi formulir yang disediakan. Laporan secara online di website ini dapat dilakukan selama 24 jam penuh dan langsung ditanggapi oleh LKD (Layanan Keuangan Digital).

  1. Kontak OJK

OJK bisa dikontak melalui nomor telepon 157 atau layanan Whatsapp 081 157 157 157. Kamu juga bisa melaporkan keberadaan pinjol ilegal melalui email konsumen@ ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

  1. Email langsung ke OJK

Email langsung ke OJK, bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak sempat melakukan telfon atau mengisi data disitus resmi OJK. Alamat email resmi OJK adalah di waspadainvestasi@ojk.go.id. 

Pilihan-pilihan diatas bisa kamu jalankan, jika sewaktu-waktu kamu merasa Pinjol illegal ini sudah mulai meresahkan. Jika kamu melaporkan pinjol illegal ini, maka kamu sama dengan membantu banyaknya para calon korban yang semakin marak di tengah masyarakat. Bijaklah dalam memilih Fintech. Pastikan hanya memilih fintech yang telah terdaftar atau berizin dari OJK. Pinjam Modal merupakan Fintech yang telah resmi berizin OJK, untuk mengetahui produk pinjaman selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi kami di www.pinjammodal.id . Waspadalah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here