RESOLUSI KEUANGANMU DI TAHUN 2020

0
79

Pinjammodal.id – Resolusi mungkin jadi satu kata yang sering diperbincangkan ketika tahun baru. Hampir tiap-tiap orang di lingkungan pertemanan atau di lingkungan kerja pasti menanyakan ‘Apa resolusimu di tahun depan?’. Bagaimana dengan resolusi finansial mu di tahun depan?. Setiap orang punya cara masing-masing untuk mengatur kondisi finansial pribadi. Apakah kamu masih suka boros dan tidak bisa mengatur keuanganmu? Di tahun depan, kamu harus melakukan cara yang tepat agar terhindar dari perilaku boros nih. Tidak ada kata terlambat dalam mengatur kondisi finansial sebab kamu bisa memulainya dengan menyusun resolusi finansial 2020.

Resolusi keuangan apa saja yang harus kamu wujudkan di tahun 2020? Simak tips berikut ya.

Mengurangi kebiasaan belanja yang konsumtif

Salah satu hal yang rentan menggagalkan resolusi finansial 2020 adalah kebiasaan belanja online. Berbelanja online bukanlah sesuatu yang salah jika kamu memprioritaskan kebutuhan sehari-hari dan memanfaatkan promo semaksimal mungkin.

Misalnya, kamu membeli barang-barang kebutuhan pokok secara online karena ada promo cashback dan gratis ongkir. Berusahalah meminimalkan belanja online bila hanya membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Supaya pengeluaran kamu tidak semakin boros akibat belanja online berlebihan.

Kumpulkan Dana Darurat

Banyak hal tak terduga yang terjadi, seperti kesehatan atau kebutuhan keluarga yang mendesak. Antisipasi lah hal yang tak terduga karena dana darurat merupakan salah satu hal penting yang efektif melindungi kondisi finansial pribadi.

Siapkan dana darurat bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2020. Mulai mengumpulkan dana darurat secara konsisten.

Tak Ada Kata Terlambat untuk Berinvestasi

Susahkah kamu berinvestasi di tahun ini? Investasi merupakan salah satu bagian penting dari literasi finansial yang harus dipelajari sejak dini. Jadi, jangan ragu untuk mulai menyisihkan pendapatan dan berinvestasi sebagai cara merealisasikan resolusi finansial 2020.

Kamu bisa memulainya dari cara yang paling mudah, misalnya dengan membeli perhiasan emas atau logam mulia. Seiring dengan meningkatnya jumlah tabungan, kamu dapat memperbanyak kepemilikan investasi, yaitu dengan memiliki deposito, reksadana, saham, atau objek properti. Saat ini berinvestasi tidaklah sulit, sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kita yang kurang mengerti soal investasi agar tetap bisa berinvestasi sesuai kebutuhan kita.

Atasi Latte Factor

Apa sih Latte factor itu? Latte Factor adalah perilaku kecil yang dilakukan berulang-ulang kali hingga menimbulkan dampak besar terhadap keseimbangan finansial seseorang. Hampir setiap orang pasti punya latte factor yang berbeda-beda. Ada yang setiap harinya membeli kopi kekinian dan ada juga yang suka berbelanja barang-barang yang sebenarnya belum menjadi kebutuhan.

Latte factor adalah hal penting yang tak boleh terlupakan saat menyusun resolusi finansial 2020. Temukan latte factor yang membuat kamu jadi boros kemudian berusahalah mengurangi kebiasaan tersebut demi kondisi finansial yang lebih stabil. Jangan mudah menyerah dengan kondisi finansial pribadi yang sering terganggu.

Cek juga artikel Gajian Cuma Numpang Lewat? Bisa Jadi Karena Latte Factor!

Mulailah menemukan resolusi 2020 kamu, perbaikan finansial akan sangat mempengaruhi masa depan mu loh. Jadi mulailah menentukan resolusi kamu sahabat Pinjam Modal.

Author by : Devina Mulya 
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here