Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

222
Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

Pinjammodal.id – Tahukah kamu bahwa saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan jenis usaha terbanyak di Indonesia. Namun, sayangnya kerap kali UMKM dipandang sebelah mata. Faktanya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia hampir 90% dari bisnis, menyumbang rata-rata 60-70% dari total lapangan pekerjaan dan 50% dari Produk Domestik Bruto (PDB), mengutip dari International Council for Small Business (ICSB).

Saat ini pemerintah sangat mendukung Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia untuk maju dan berkembang, sebab dengan bertumbuhnya para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ini dapat meningkatkan independensi secara finansial. Terutama saat banyaknya perusahaan yang terdampak pandemi dan memaksa harus memangkas sejumlah karyawan. Pastinya mulai membuka usaha sendiri dapat menjadi jawaban dari dampak ekonomi yang timbul.

Berikut terdapat beberapa alasan mengapa UMKM berperan dalam perekonomian Indonesia :

Menyelamatkan masyarakat dari kemiskinan

Hal utama yang membuat UMKM berperan dalam perekonomian adalah menyelamatkan masyarakat dari jurang kemiskinan. UMKM turut membantu menyerap angka pengangguran. Banyak dari para pelaku usaha yang menarik masyarakat sekitar untuk membantu dalam proses produksi barang, dan peran lainnya. Sehingga membantu menurunkan angka pengangguran di Indonesia.

Daya saing yang meningkat

Saat ini UMKM memiliki daya saing yang terbilang tinggi, sebab inovasi demi inovasi bermunculan dengan kreatifitas dari para pelakunya. Ditambah lagi dengan aneka produk lokal yang di tawarkan oleh para UMKM secara mandiri. Dengan jangkauan fokus yang lebih kecil, mereka juga dapat menekan biaya operasional dan bahkan menawarkan harga produk yang lebih murah. Hal ini sangat positif sebab dengan ini, UMKM dapat mendorong terciptanya persaingan yang lebih merata.

Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Menyebarnya jumlah UMKM di Indonesia termasuk didaerah-daerah yang dikelola secara mandiri akan memudahkan masyarakat dalam hal memenuhi kebutuhan. UMKM lokal juga dapat memperkenalkan budaya yang identk dengan daerah tersebut. Dengan demikian, UMKM bisa menjawab kebutuhan masyarakat lokal yang belum bisa diberikan oleh perusahaan berskala besar yang belum menjangkau daerah kecil.

Dengan mengetahui peran UMKM terhadap masyarakat dan bahkan perekonomian Indonesia, maka berikan dukungan kita terhadap para pelaku usaha. Bahkan kamu bisa menjadi bagian dari pelaku usaha tersebut. Banyak kesempatan yang dapat kamu ambil untuk berperan penting bagi perekonomian bangsa. Yuk #BeraniMelangkah

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here